Tuesday, 2 March 2021

Sudah Evaluasi Ragamu ? (Review lagu Evaluasi-Hindia)

 

Assalamualaikum gaes

Salah satu hal yang tidak bisa kita pisahkan dari diri kita adalah musik. Musik bisa menjadi selalu teman dimanapun dan kapanpun. Bahkan setiap momen yang pernah kita lalui, ada musik yang terkenang di dalamnya. Ngomongin tentang musik. Sudah lama tidak membuat ulasan mengenai lagu di blog ini.

Cerita sedikit mengenai lagu yang saya dengarkan belakangan ini, yang agak berubah kiblat. Ini berhubungan profesi saya sebagai penyiar radio. Ketika di radio lama, suka sekali mendengarkan lagu-lagu barat tapi sekarang, di radio baru yang memutarkan 100% Indonesia. Maka kiblat saya sekarang lebih ke perkembangan lagu di Indonesia.

Dan kali ini lagu yang saya bakal ulas adalah lagu Indonesia, keren banget pokoknya. Yaitu HINDA – EVALUASI.

www.adifebrian.com



***

Era generasi terbaru musisi perlahan-lahan muncul nih. Banyak musisi-musisi baru, seperti Pamungkas, Nadin Hamizah dan termasuk musisi yang lagunya kita review, Baskara Putra a.k.a Hindia. Gila sih ya, saya dibuat jatuh cinta di hampir semua lagu di album pertamanya ini. Salah satunya lagu ini, Evaluasi.

Yuk kita bedah lirik per-liriknya dan kenapa lagunya ini buat jatuh cinta.

 

Yang tak bisa terobati
Biarlah . . .
Mengering sendiri
Menghias tubuh dan
Yang mengevaluasi
Ragamu
Hanya kau sendiri
Mereka tak mampu

 

Melewati yang telah kau lewati
Tiap berganti hari
Rintangan yang kau hadapi

 

Pada bait pertama pada lagu ini, kita langsung dihadapkan dengan kata-kata dengan makna yang dalam. Menceritakan tentang luka yang akan selalu membekas dan menerima luka itu. Oh sh*t ini benar sekali bukan ? Kadang kita tidak bisa menerima kesalahan kita pada waktu lampau. Padahal itu letaknya sudah ada di masa lalu, dimana artinya kita bisa berbuat apa-apa untuk memberbaiki, kecuali kita menerima. Diri kita menerima dan belajar dari kesalahan tersebut.

 

 

 

Masalah yang mengeruh
Perasaan yang rapuh
Ini belum separuhnya
Biasa saja
Kamu tak apa

 

 

Pernah merasa kalau masalah kita hadapi itu berat banget ? Bahkan kayak ngerasa belum tentu ada hari besok ? kamu ga sendiri, saya kadang juga merasa. Masalah yang datang dengan perasaan yang belum untuk menerimanya membuat jiwa lemah. Padahal kalau kita liat baik-baik dari sudut pandang yang berbeda kita bisa aja menyelesaikan masalahnya. Seperti masalah-masalah sebelumnya yang sudah pernah kita lalui.

 

Yang selalu ingin ambil peran
Hanya berlomba menjadi lebih
Sedih dari dirimu

Muak dikesampingkan
Disamakan
Hatimu terluka, sempurna

 

Itu bagian yang saya bilang “lucu” dalam lagu ini. Menurut saya pada penggalan lirik ini menceritakan tentang diri kita yang berbagi cerita kepada teman. Tapi malah teman kita yang asik dengan cerita balik dan merasa dirinya lebih ngenes ketimbang kita. Yah kan point kita cerita bukan itu yaa :D

 

Masalah yang mengeruh
Perasaan yang rapuh
Ini belum separuhnya
Biasa saja
Kamu tak apa
Perjalanan yang jauh
Kau bangun untuk bertaruh
Hari belum selesai
Biasa saja
Kamu tak apa

 

***

Bilas muka, gosok gigi, evaluasi
Tidur sejenak menemui esok pagi
Walau pedih ku bersamamu kali ini
Ku masih ingin melihatmu esok hari
Bilas muka, gosok gigi, evaluasi
Tidur sejenak menemui esok pagi
Walau pedih ku bersamamu kali ini
Ku masih ingin melihatmu esok hari

***

Ini nih bagian paling penting sekaligus point dari lagu ini. Apapun yang kita hadapi besok hari hari, orang pertama yang kita liat adalah diri sendiri. Selama kita bisa meliat sniar matahari, kita punya kewajiban untuk selalu bergerak. Selalu bergerak, kalau salah bisa berhenti dan evaluasi apa salahnya kita. Walau pedih yang kita hadapi, biasa saja. Karena perjalanan kita sebagai manusia masih (sangat) jauh.

 

Mungkin ini yang bisa saya ulas dalam lagu Evaluasi dari Hindia ini. Banyak sekali point-point yang buat semangat menjalani hari dalam lagu Evaluasi ini. Bisa dibilang Baskara ini jenius, karena hampir disetiap karya yang dia buat selalu memiliki makna yang dalam. Dan cocok sekali buat kita yang sedang mengalami quarter life crisis.

Sebagai penutup saya mengajak kamu untuk mendengarkan bersama-sama lagu ini di . . .

 

 

 

Atau di playlist SOUL dari racikan saya . . .

 

No comments:

Post a comment

Terima kasih sudah singgah dan membaca. Semoga Bermanfaat :)

Absurd di Twitter

About Blog

www.adifebrian.com adalah personal blog dari Adi Febrian seorang pelajar dengan hal-hal random yang di tulis di blog nya yang dia sebut sebagai digital diary's Selengkapnya

Privacy Policy

http://www.adifebrian.com/p/privacy-policy.html

Fanspage