Friday, 10 April 2020

Nge-Kontrak atau Nge-Kost ?



Assalamualaikum gaes 😊



Mungkin yang baca ini, ada yang sebagai anak rantauan atau yang bakal ngerantau nantinya. Terkhusus buat anda yang mau merantau, entah itu tujuannya buat meneruskan Pendidikan (seperti : kuliah) atau karena kerjaan. Merantau menjadi problematika tersendiri. Dari wilayah yang baru, suasana yang baru, dan tentunya tempat tinggal kita selama merantau.

www.adifebrian.com


Tempat tinggal menjadi perhatian utama kalau kita mau merantau nih. Karena banyak faktor untuk mennetukan tempat tinggal. Seperti mau tinggal di rumah sendiri dengan beli dulu (contohnya ; anak sultan), Kontrak rumah, atau Ngekost. Pertimbangan-pertimbangan kayak gitu kadang-kadang bikin kita galau lho. Biar ga galau banget, Disini saya bakal urai dengan 2 opsi, “Nge-Kost atau Ngontrak ?” .
Jadi ini pertimbangan yang bisa anda gunakan ketika mau ngontrak rumah atau ngekost. . .

  • ·         Kontrak Rumah artinya Lebih Leluasa.      Ketika kita memutuskan untuk mengontrak rumah dari pada nge-kost. Ada keuntungan-keuntungan yang mungkin menjadi alasan kenapa kita jadi ngontrak rumah. Pastinya alasan utama adalah kita lebih leluasa. Kontrak rumah artinya juga kita punya rumah sendiri yang dibayar perbulan. Leluasa yang dimaksud disini, kita bisa seenak udel untuk mengatur tatanan rumah dan privasi kita lebih nyaman juga ketika memilih mengontrak rumah. Apalagi buat anda yang introvert nih, kalau ada dana saya sarankan untuk kontrak rumah.


  • ·         Harga. Perbedaan paling mencolok antara kita memilih mau nge-kost atau nge-kontrak adalah harganya. Dari harga sewa ini kita juga menjadi faktor utama. Memang harga sewa perbulan nge-kost lebih murah ketimbang ngontrak sebuah rumah. Buat anda yang mau ngerantau, coba memilih secara bijaksana untuk masalah budget ini, kenali pemasukan dan pengeluaran anda lebih dahulu, terkhusus buat anak kuliahan yang berbeda dengan pekerja pemasukannya. Cari sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan anda.

  • ·         Aturan. Untuk anda yang mau nge-kost, artinya anda sudah siap mengikuti aturan-aturan yang akan diberikan oleh pemilik kost. Setiap kost juga memiliki peraturan-peraturan yang berbeda. Ada yang menerapkan jam malam dan ada juga kost-kostan yang tidak menerapkan jam malam. Selain itu ada peraturan-peraturan yang diterapkan disetiap kost. Berbeda ketika halnya anda mengontrak sebuah rumah. Tentunya disini ada yang menjadi aturannya itu sendiri. Karena dianggap sudah menjadi rumah anda, maka aturan-aturan seperti di kost tidak ada. Tapi tentunya ada etika yang anda lakukan agar bisa beradaptasi di lingkungan baru.


Bagaimana poin-poin diatas ? Semoga bisa membantu anda yang sekarang lagi bingung buat mutusin mau ngontrak rumah atau nge-kost. Selain poin-poin diatas, anda bisa juga tanya sanak dan kerabat anda yang sudah pernah nge-kost atau ngontrak rumah. Coba tanya plus-minus nya apa aja. Tentunya berguna banget buat anda, jadi punya bayangan bagaiaman yang cocok buat anda. Mau ngontrak rumah atau nge-kost. Dan ada kabar gembira nih buat anda yang mau ngontrak rumah . Karena sebuah rumah dikontrakan atau bisa kunjungi website www.sewa-rumah.net yang menjadi opsi buat anda yang lagi cari-cari kontrakan. Di sana banyak sekali tempat tinggal yang bisa menjadi acuan anda.

Tentunya, kalau mau milih nge-kost atau nge-kontrak rumah yang paling penting adalah kenali kebutuhan anda seperti apa. Jangan memaksakan mau ngontrak rumah tapi budget pas-pas an atau memilih nge-kost tapi tidak nyaman dengan lingkungannya. Soo, up to you! Good luck!

10 comments:

  1. Kalau saya lebih pilih kontrak soalnya lebih leluasa bat ngatur kondisi ruangan apapun bentuknya. memang sih bakal kalah biaya dibanding kostan tapi untuk fungsinya jika udah berkeluarga sih lebih baik ngontrak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes betul, karena istilah juga punya rumah sendiri kan ? hehehe

      Delete
  2. kalau masih mahasiswa , aku ngekos sih . enakkan ngekos kamar . karena bisa bertemu dengan teman satu kos yang biasa satu kampus atau beda kampus. kalau ngekos asyiknya bisa kapan saja pulang dan pergi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar juga. Bisa sambil tanya-tanya teman satu kelas

      Delete
  3. mengontrak rumah sepertinya lebih enak ya, karena tidak terikat oleh peraturan pemilik kost. tapi biasanya di kota besar, kostan pun sekarang sudah berasa ngontrak rumah karena tanpa pengawasan pemilik kost.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa hahaha, Ada beberapa kost yang peraturannya longgar banget

      Delete
  4. Aku pilih ngekos. Udah pernah dua-duanya sih. Tapi lebih nyaman ngekos.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah dan membaca. Semoga Bermanfaat :)

Absurd di Twitter

About Blog

www.adifebrian.com adalah personal blog dari Adi Febrian seorang pelajar dengan hal-hal random yang di tulis di blog nya yang dia sebut sebagai digital diary's Selengkapnya

Privacy Policy

http://www.adifebrian.com/p/privacy-policy.html

Fanspage