Thursday, 25 July 2019

Designer Graphis VS Ilustrator

Assalamualaikum Gaes :)

Belakangan ini gue lagi berkecimpung sebagai staff marketing sebuah Perusahaan di Banjarmasin. Di tim gue sendiri ada bagian yang jabatan sebagai admin dan juga sebagai seorang designer graphis. Karena sering berbicara sama anak-anak design. Kesininya, gue jadi suka dengan dunia design graphis. Keren aja! Dari sebuah visual bisa meng-komunikasikan / menyampaikan sesuatu.

www.adifebrian.com


Anggapan pertama gue, Dunia Design itu cuman sebatas nge-design  dan  menyampaikan maksud dari designnya ke hal layak umum. Dan orang yang berkecimpung di dunia tersebut disebut Graphic Designer atau designer graphis  Eh! Ternyata Dunia Design gak cuman itu, luas banget. Bahkan di Bidang Design pun ada sebutan macam-macam. Salah duanya yang mau gue bahas adalah Graphic Designer dan Ilustrator.

Menurut Wikipedia, Graphic Design adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan dan orang sebutan untuk orang yang berkecimpung di dunia tersebut adalah Graphic Designer/Designer Graphis . Dan Ilustrator merupakan seniman yang berprofesi khusus dibidang seni rupa yakni umumnya sebagai pencipta atau penyedia gambar ilustrasi demi memperjelas maksud suatu tulisan tertentu atau demi membuat terlihat menarik tampilannya.

Graphic Design sendiri lagi bidang lagi naik daun nih. Banyak banget orang yang berkeinginan sebagai seorang Graphic Design. Dan banyak juga yang membutuhkan. Dari sebagai Corporative Design, Editorial Design, Multimedia Designer, Web Design,Advertising Desing, dan masih banyak lagi. Luas banget kan ???

Untuk seorang Ilustrator sendiri bisa dibilang adalah seorang design graphis yang udah punya pengalaman banyak dan sudah lama mengguluti dunia design. Dari pengertian tentang illustrator , adalah mereka yang menciptakan sebuah ‘objek’. Mereka mempunyai style masing-masing dalam menciptakan sebuah ‘objek’.  Seorang illustrator biasanya mereka yang menggambar sebuah komik, membuat logo perusahaan, dan sebuah ilustrasi dalam sebuah cover novel dan isi novel.
Selain itu perbedaan seorang graphic design dan illustrator menurut gue pribadi, Untuk seorang graphic design mereka yang bergelut langsung di aplikasi design dan bisa mengukur tata letak atau grafis agar yang divisualisasikan bisa di mengerti orang. Sedangkan seorang illustrator, mereka harus ber-imajinasi dahulu dan menggambarkan di kertas dalam bentuk sketch. Baru mereka bisa menciptakan  objek yang sudah di imajinasikan.

Di Era Industri 4.0 yang lagi kita jalani sekarang ini, Kedua profesi ini lagi naik daun banget! Banyak Company atau startup mencari seorang Graphic Designer dan Ilustrator sebagai bagian tim dari mereka.  Dan banyak juga mereka lebih sebagai seorang freelance graphic designer dan illustrator.


Di Indonesia, Dunia design graphis sudah meningkat dan memiliki pasar yang tinggi. Salah satu company yang berkecimpung di dunia design adalah Makna Creative dengan Foundernya adalah Ernanda Putra. Buat kalian yang pengen tau bisa deh kepoin Instagram Makna. Kalian bakal lebih tau apa saja pekerjaan design graphis.
.
Oke itu dulu dari gue tentang perbedaan Designer Graphic dan Ilustrator. Nah, buat kalian yang suka dengan men-design element atau struktur , kalian cocok berkecimpung sebagai seorang designer graphis atau buat kalian yang suka menggambar  atau me-ilustariskan sebuah objek, illustrator cocok buat kalian.


"Design is a solution to a problem. Art is a question to a problem." - John maeda




https://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis

1 comment:

  1. Trims penjelasannya mas. Anak saya lagi kepengen kuliah desain grafis ini nih

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah dan membaca. Semoga Bermanfaat :)

Absurd di Twitter

About Blog

www.adifebrian.com adalah personal blog dari Adi Febrian seorang pelajar dengan hal-hal random yang di tulis di blog nya yang dia sebut sebagai digital diary's Selengkapnya

Privacy Policy

http://www.adifebrian.com/p/privacy-policy.html

Fanspage