Sunday, 5 February 2017

Tips Menjadi Mahasiswa Baik

Assalamualaikum gaes . . .

Gak kerasa udah ada di bulan kedua aja di tahun ayam api. Mengingat awal tahun, Saya teringat  tentang deg-deg’annya dan galau gara-gara sudah menyambut yang namanya Ujian Nasional ketika awal tahun 2016. Setelah lulus sekolah, Perasaan saya sudah lega karena tantangannya sudah berakhir. Tapi, perasaan lega itu langsung diganti dengan perasaan was-was dan stress mengikuti bermacam-macam seleksi masuk Perguruan Tinggi.

Dan setelah seleksi sana-sini yang bikin pucing pala balbie, Alhamdulillah di terima di Perguruan Tinggi di daerah saya. Tentunya sangat senang dengan jabatan baru sebagai seorang ‘Mahasiswa’. Karena menurut saya menjadi seorang mahasiswa adalah masa-masa dimana untuk mencapai impian semakin nyata.

Disini tantangannya menjadi seorang mahasiswa dimulai. Ternyata menjadi mahasiswa itu gak semudah mengajak mantan buat balikan. Karena kita tau sendiri kalau menjajaki dunia perkuliahan itu gak ada namanya kita lulus bareng, yang ada aku untuk aku dan kamu buat kamu. Jadi tergantung kaki kita seberapa kuat menompang tubuh dan menahan lelah berlalu. Kejam ya ? #cieegitu

Tapi jadi seorang mahasiswa banyak juga kesenangannya juga ko, Seperti gue bilang tadi kalau kita menjadi mahasiswa, impian akan semakin nyata. Jadi semacam jembatan yang kita bangun sendiri. Jadi tergantung kita sebagaimana bagusnya jembatan yang dibuat ketika menjadi mahasiswa.

Caranya gimana mau buat jembatan yang bagus itu? Walaupun terbilang baru di dunia perkuliahan Di sini saya bakal share tentang bagaimana menjadi seorang mahasiswa baik. Agar menjadi pengingat bagi diri sendiri dan (insya allah) bermanfaat buat yang lain. Mari . . .

www.adifebrian.com

      1.    Niat Kuliah


Hal pertama yang harus ditanamkan didalam hati ketika kita sudah ada di dunia perkuliahan harus tanamkan niat yang kuat. Sama seperti yang lain ketika mau makan, nulis, travelling harus ada niat dan tak terkecuali nikung gebetan teman #lah

Kayak gitu juga ketika mau kuliah. Karena kalau tidak niat, kita seperti terombang-ambing di tengah lautan dengan ombak yang tidak terlalu tinggi tapi cukup buat kita lemah dan tenggelam. Jadi menurut saya, niat itu seperti paksakan dalam diri untuk selalu berbuat hal positif.

       2. Aktif


image by pexels.com


Kalau kalian sudah aktif dalam berdiskusi,membaca, dan beroganisasi ketika masa-masa sekolah. Selamat! Kalian sudah punya bekal untuk aktif di dunia perkuliahan. Kayaknya udah banyak tau kalau di dunia perkualiahan itu banyak banget organisasi-organisasi yang bisa mengasah softkill kita dan nilai plusnya kita banyak punya jaringan. Selain organisasi di dalam kampus, Kalian bisa jua ikut komunitas-komunitas yang tentunya mengasah softkill juga

TAPI INGET! Kita kuliah untuk mengecam ilmu. Jadi buat yang aktif dalam organisasi, itu sah-sah aja. Dan banyak banget orang sukses dengan nilai ipk tinggi dan di organisasi juga aktif. Dan ada syaratnya, harus pintar-pintar management waktu.

      3. Humble

image by pexels.com


Biar kuliah lebih nyaman dan jadi tempat kita menambah silahturahmi, Asda satu syarat yang harus kita lakukan yaitu ramah. Banyak banget manfaat dari ramah yang bisa kita dapatkan. Tentunya bakal punya kenalan dan jangan canggung kalau kita ketemu orang baru, coba tegur dan bersalaman. Jangan malah ada orang yang mau salaman sama kita, kitanya sendiri yang takut salaman #ups

Karena banyak kenalan juga mempermudah kita hidup di dunia kuliah. Kita bisa kenal orang-orang baru yang bisa aja bisa meningkatkan motivasi diri sendiri. Contoh kecilnya kayak dosen favorit.




Itu aja nih tips untuk menjadi mahasiswa baik. Dan ketiga tips itu pendapat dari diri saya sendiri. Pastinya setiap pendapatt dari orang beda-beda kan untuk jadi mahasiswa baik? Jadi pendapat kalian untuk menjadi mahasiswa baik apa??



31 comments:

  1. Jangan kebanyakan utang, nanti kuliahnya berhenti ditengah jalan kayak gue.wkwkwk

    ReplyDelete
  2. jangan kebanyakan ngopi, ntar malem gak bisa tidur, eh ketiduran pagi hari padahal banyak kuliah pgi wkwkwk

    ReplyDelete
  3. Masa kuliah itu kesempatan terakhir kita untuk jadi orang yang idealis. Manfaatkan kesempatan ini untuk mencari jati diri kita yang sebenarnya. Banyak bergaul, banyak belajar hal-hal baru.

    ReplyDelete
  4. Wah, maba juga nih ceritanya? Sama dong, hahaha. Oh iya gak maba lagi deh, lagi otw semester 2, doain sama-sama bisa lanjut ya.

    Bagiku yang sekolah di salah satu perguruan tinggi kedinasan dengan adanya tingkat batas minimal ip untuk lanjut ke jenjang selanjutnya membuat banyak yang fokus pada nilai akademik, padahal kami nantinya akan langsung bekerja setelah lulus dan softskill sangat diperlukan supaya tidak kaget ketika bekerja. Jadi aku setuju banget sama yang bagian aktif, manfaatkan waktu kuliah sebaik mungkin dengan mencari pengalaman sebanyak-banyaknya dan relasi seluas-luasnya :D

    ReplyDelete
  5. Bicara tentang mahasiswa, dimasa masa kuliah itu kata guruku ipk harus gede dan keaktifan dalam berorganisasi harus banyak bisa. Karena katanya klo mau melamar pekerjaan itu ditanya seberapa aktifnya kita didalam organisasi.

    ReplyDelete
  6. Ah.. gue udah lulus. *sombong. :D

    Agaknya masih banyak deh. Gak cuma 3. Cari lagi gih bikin part 2. Hehe

    ReplyDelete
  7. Mudah2an sih konsisten jadi mahasiswa baiknya. Karena kalau udah semester akhir2 jadi malas wmwkwkw
    Tapi bener, niat kuliah itu penting

    ReplyDelete
  8. Sebelumnya aku ucapkan selamat jadi Mahasiswa hahaha.

    Saranku hatu-hati sama oknum MLM biasanya menyerang maba lho, soalnya dulu aku juga pernah, hampir aja aku termakan rayuannya.

    Nah tips yang ketiga boleh juga tuh, punya kenalan dosen favorit, dan baik soal nilai hihihi.

    ReplyDelete
  9. Jadi mahasiswa juga harus akrab dengan temen sekelas, membangun networking biar kalo lagi males ke kampus bisa nitip absen. itu yang penting. hahaha.

    Wah udah mahasiswa aja lu di... perasaan kemaren baru lulus SMA. Jadi mahasiswa dinikmatin aja nikmatin tugasnya, nikmatin senang-senang dan ngumpul bareng temen. Dan berikrarlah untuk lulus bersama. Hahaha

    ReplyDelete
  10. Yang penting manajemen waktu sih, jangan sampe keteteran pas kuliah gara-gara aktivitas di luar perkuliahan.

    ReplyDelete
  11. Yang paling penting itu sadar bahwa dirinya itu Agent of Change. Hehehe...

    ReplyDelete
  12. Segalasesuatu itu yang terpenting adalah niat.

    Sebagai mahasiswa baru yang sebenernya udah kadaluarsa. rasanya buat aktif dalam organisasi itu udah males banget. yang penting kuliah terus lulus.

    hehe

    ReplyDelete
  13. Yang lo tulis di postingan ini sebenarnya hanya sebagian kecil dari cara menja mahasiswa baik. Tapi gue setuju kok. Dosen itu butuh mahasiswa/i yang aktif, yang pantas untuk diberikan nilai A atau B. Karena nanti setiap nilai yang diberikan bakal dipertanggung jawabkan sama dosen.

    A: Kenapa nilai si A ini bisa tinggi?"
    B: Karena dia aktfi di kelas saya. Saya bisa tunjukkan buktinya.

    Yap. Selain itu, pengelolaan uang yang baik, khususnya untuk mahasiswa kos-kosan. Juga perlu menjalin relasi sama orang banyak, biar gak ketinggalan info tentang beasiswa. Mahasiswa perlu memanfaatkan fasilitas kampus dengan baik.

    Wifi kampus jangan cuma dipake ngeblog doang, sekali-kali cari informasi beasiswa. Hehehe

    ReplyDelete
  14. Wah sama nih maba tapi sekarang smt 2
    :D

    Organisasi di kampus menurut gua banyak manfaat terutama soft skill dan ada beasiswa lewat organisasi juga kalo kampus gua.
    Tapi ya sesuai niat harus fokus kuliah
    Haha~

    ReplyDelete
  15. Masa masa kuliah itu adalah masa masa penuh tantangan dan masa masa santai tahap terakhir karena begitu lulus dan kerja, maka hidup yang sebenarnya sedang akan diretas..lo ga bisa santay santay lagi kayak kalau di kuliahan...jadi pergunakan masa kuliah ini untuk belajar keras dan bermain keras..kayak study hard, play harder gitu. hahaha..

    selain itu, anak kuliah juga harus punya mnetal berjuang dan tidak mudah putus asa, trerutama nanti saat skripsi. Ya gitu deh, selamat berkuliah yak!!

    ReplyDelete
  16. adiii,,, aku setuju banar tu nah yang terpoenting niaat kuliah, dasar ngqalih banar pang menumbuhkan niat kuliah tu apalagi di kampusku kan kdd absennya, jdi dasar bujur bujur harus bepintar pintar sorang ai lg supaya rajin masuk haha

    ReplyDelete
  17. Kuliah itu gudangnya mempelajari hal-hal baru..
    Banyak-banyak cari temen-temen baru..
    Porotin aja semua ilmu yang dimiliki dosen..
    hehhehee

    Awal-awal kuliah enak banget looh..
    #salamdarimahasiswasemesterlima

    ReplyDelete
  18. Wih, ngerk juga, nih. Rintahan hati mahasiswa baru. Mudah2an lancar2 aja~

    ReplyDelete
  19. Kalau maba sih awal-awalnya semangat, tapi makin lama niat kuliahnya mulai di pertanyakan apalagi kalau fokusnya udah kebagi sama yang lain hhe

    Mudah-mudahan niatnya bisa bertahan sampai akhir ya hehehe

    ReplyDelete
  20. Jadi inget masa-masa gue jadi maba dulu, masih semangat-semangat unyu hehehe.. kalo menurut gue buat jadi mahasiswa yang baik cukup lakuin satu hal, duduk paling depan dan banyak nanya, walopun tugas ga pernah buat dijamin nilai A ditangan hahaha :v

    Btw, buat tips yang ketiga.. mending gausah banyakin temen, ntar ngerepotin -__-

    ReplyDelete
  21. yeah gue sebagai calon mahasiswa harus teliti dan mengkaji nih ...
    hmm leh uga ya, gampang gampang difficult untuk menjadi mahasiswa yang baik itu.. Hmm .. apakah menjadi mahasiswa harus aktif berorganisasi apa saja? apakah iya pas wawancara pekerjaan ditanya "seberapa aktif kamu di organisasi?" terus gue jawab "saya aktif diorganisasi radikal pak.. rakit rakit gitu.." masa iya gue harus bilang gitu kan gak mungkin :(

    ReplyDelete
  22. Sebetulnya masih banyak sih tips-tips jadi mahasiswa yang baik.
    Nanti tips-tips itu bakal kamu rasain ko pas sepanjang kamu kuliah.

    Saran dari aku buat anak kuliah yaitu jangan cepet merasa puas,
    apalagi kalo udah diwisuda,
    karna perjuangan masih belum berakhir,
    masih banyak pengalaman deg degan yang bakal menghampiri,

    pokoknya ya gitu deh ehek

    ReplyDelete
  23. semua itu udah gue lakukan kok bro, cuma untuk humble gue masih harus humble lagi sih. Tapi kalau untuk niat kuliah dan aktif ukm atau organisasi sih, lanjut! sebagai maba, hidup di tahun pertama memang cukup menyenangkan..

    ReplyDelete
  24. Your Site so Amazing
    websitenya bagus sekali, bermanfaat bagi yang membaca. Sukses selalu ya JUAL KARPET MASJID

    ReplyDelete
  25. Ijin Share & Promot Min :

    Dapatkan Bonus Besar-Besaran SPECIAL Di Awal Bulan Maret 2017 Menanti Anda Hanya Di ( >> www.bavetline88.com << )

    ~ Bonus Sportsbook ~

    1. Bonus 20% untuk member baru Sbobet, Ibcbet dan Asia77.
    2. Bonus minimal deposit awal hingga Rp 300.000,-.
    3. Bonus Maximal yang diberikan perhari mencapai hingga Rp.1.000.000.
    4. Bonus kemenangan 5% untuk produk Sbobet, Ibcbet, Asia77.
    5. Promo rollingan sebesar 0.5% dan 0.7%.
    6. Promo cashback hingga 5%.

    ~ Bonus Casino Online ~

    1. Dapatkan Bonus 10% untuk member baru 338A, 1S Casino, Asia8bet.
    2. Bonus minimal deposit awal hingga Rp 300.000,-.
    3. Bonus Maximal yang diberikan per hari mencapai hingga Rp.1.000.000,-.
    4. Bonus kemenangan 2.5% dari Deposit.
    5. Bonus Cashback hingga 5% diberikan kepada member yang mengalami kekalahan diatas Rp.1.000.000,-.
    6. Bonus Cashback hingga 10% diberikan kepada member yang mengalami kekalahan diatas Rp.10.000.000,-.
    7. Bonus Rollingan hingga 1% untuk semua permainan Casino.

    ~ Bonus Tangkas ~

    1. Bonus Deposit awal hingga 20% Khusus Produk Bola Tangkas dan Tangkasnet.

    ~ Bonus Asia Poker 77 ~

    1.Dapatkan komisi Rollingan Hingga 2% yang sudah di set kedalam ID Asia Poker 77 milik anda.

    ~ ( BONUS REFERENSI ) ~

    1. Bila Anda Mengajak Dan Mengenalkan Bavetline Kepada Teman Anda Maka Anda Mendapatkan Bonus Rollingan Hingga 0.5% (All SportsBook).
    2. Bila Anda Mengajak Dan Mengenalkan Bavetline Kepada Teman Anda Maka Anda Mendapatkan Bonus Rollingan 0.4% (All Casino).

    ( Note : Syarat Dan Ketentuan Berlaku )

    Ayo Segera Bergabung Menjadi Salah Satu Bagian Dari Kami Dapatkan Bonus Promo SPECIAL Berlimpah Menanti Anda hanya di ( >> www.bavetline88.com << )


    Info lebih lanjut :

    Contact Person : 085-5127-711-28 / 081-31-666-1222.
    Whtasapp : 0813-1666-1222.
    BBM : 55628DA2.
    LINE : bavetline.
    SKYPE : Agen Bavetline.
    Customer Service : (>> LiveChat <<)

    ReplyDelete
  26. [WORO-WORO] ~ ( >>> PokerGT.com <<< ) Adalah Master Agen Gaple Online Terbesar, Terpercaya Dan Terbaik Di Indonesia
    Dengan Pengalaman Di Dunia Gaple Lebih Dari 5 Tahun Serta Telah Melayani Ratusan Bahkan Ribuan Pelanggan Setia Yang Tersebar Di Seluruh Indonesia.
    Pelayanan Cepat Dan Online 24 Jam Nonstop, Proses Depo Dan WD Paling Aman Dan Sangat Cepat.
    Ayo Tunggu Apa Lagi Segera Gabung Bersama Dan Menjadi Salah Satu Bagian Dari Kami Di ( >>> PokerGT.com <<< )
    Dengan Minimal Deposit Rp.10.000 Anda Sudah Bisa Bertaruh Dalam Meja Dan Memungkinkan Anda Mengumpulkan Poin Untuk Mendapatkan Hadiah Special Yang Sudah Kami Sediakan Untuk Anda.
    ( >>> PokerGT.com <<< ).

    ReplyDelete
  27. Anjirr.. baca poin pertama "Niat Kuliah" seakan-akan tersindir halus haha
    Soalnya ya aku lebih mentingin kerjaan dr pada kuliah, tp sebisa mungkin aku saling mengimbanginya, jadi tidak ada yang keteteran.

    ReplyDelete
  28. If you want to Jogja. You can rent a car at:
    Sewa Rental Mobil Jogja (http://www.onejogja.com/)

    ReplyDelete
  29. Wah makasih banget tips-tipsnya... bisa jadi acuan ke depannya hehe, soalnya tahun ini giliran angkatan saya buat kuliah.. nice blog bro!

    ReplyDelete
  30. Jadi semangat mau ambil kuliah lagi

    ReplyDelete
  31. Jadi semangat mau ambil kuliah lagi

    ReplyDelete

Eitsss jangan buru-buru amat. Tinggalin jejak dulu disini! Buat penyemangat yang nulis~

Absurd di Twitter

About Blog

www.adifebrian.com adalah personal blog dari Adi Febrian seorang pelajar dengan hal-hal random yang di tulis di blog nya yang dia sebut sebagai digital diary's Selengkapnya

Fanspage