Thursday, 16 February 2017

Tempat Nyaman untuk Menulis

Assalamualaikum gaes . . . .

Kalau ngomongin seorang penulis pasti gak luput juga bahas tentang cara menulisnya, Cara mendapatkan idenya dan tentunya tempat nyaman mereka untuk menulis. Menurut saya, menjadi seorang penulis adalah sebuah impian. Alasannya ? Yaa... saya suka aja ketika sesuatu hal yang tidak bisa di ucapkan tetapi bisa di salurkan dengan kata-kata yang indah. Dan gak tau kenapa saya juga suka aja ketika meliat seorang dengan mata dan jemari lagi sibuk dan fokus dengan penanya atau dengan sebuah laptop/notebooknya.


Dan zaman sekarang banyak orang yang menggeluti pekerjaan sebagai penulis, Salah satu penulis favorit saya adalah Dee Lestari dan Ika Natasya. Karena menurut saya tulisan mereka bisa membuat si pembaca terjun ke dunia imajinasi yang mereka buat. Saya kagum dong dengan karya mereka, dan penasaran bagaimana mereka bisa menulis seperti itu?


Makin ke sininya saya mencoba untuk menulis dengan baik. Saya mencoba rakus untuk membaca buku demi buku untuk mencapai impian seorang penulis. Tapi masalahnya, menulis itu ada susahnya. Kayak ide yang gak mau di dapat atau tempat untuk menulis gak nyaman. Ngomongin tentang tempat buat enak nulis itu gak melulu nongkrong di sebuah cafe sambil seruput sebuah kopi. Tentunya kalau kayak gitu terus dompet jadi nangis. Iye gak ?

www.adifebrian.com



Nah karena itu kali ini saya bakal ngasih tau tempat-tempat apa aja yang sering jadikan tempat menulis dan saya jamin gak bikin dompet nangis haha. Yuk mari . . . .


     1.Menulis di dekat Jendela


Tempat pertama yang saya rekomendasikan untuk menjadi tempat nyaman menulis adalah tempat yang berada di dekat jendela. Entah kenapa ya, kalau lagi kehilangan mood ketika menulis atau belum dapat ide buat menulis. Biasanya ngelamun sebentar sambil menengok yang ada di luar jendela. Nanti datang sendiri semangat dan ide buat nulis.

image by pexels.com


Mungkin karena itu juga banyak orang yang meja belajarnya atau tempat kerja suka banget di dekat jendela.  Jadi coba aja kalau mau nulis tempatkan diri kalian di dekat jendela


2. Tempat Terbuka

Mau banget santai kayak gini :(
(image by pexels.com)


Bagi yang suka nongkrong diluar, suka merasakan angin alam, dan merasa tenang ketika di alam bebas. Coba aja bawa diri kalian menulis di luar ruangan kayak di taman atau pondokan kecil. Saya juga suka menulis ditempat yang terbuka. Alasannya pengen menyengarkan pikiran aja ketika pikiran udah stuck banget dan menurut saya kalau lagi berinteraksi di alam itu enak, Pikiran jadi fresh dan kayak ide ada dimana-mana, jadi tinggal di ambil aja.

Tapi ada masalah kalau lagi menulis di tempat terbuka gak ada tempat charger’an buat barang elektroniknya. Jadi pastiin dulu kalau mau nulis diluar baterai barang elektroniknya udah full


      3.Perpustakaan


Saya sempet baca sebuah artikel yang isinya tentang perpustakaan di zaman sekarang. Katanya sebuah perpustakaan adalah tempat tersepi nomor 2 setelah kuburan. Miris gak dengarnya ? Padahal yang kita tau kalau di sebuah perpustakaan kayak semua bahan yang pengen buat kita sukses ada di perpustakaan.

image by pexels.com


Untuk ketenangan sendiri, Perpustakaan gak usah diragukan lagi. Biasanya kalau ribut bakal di tegur sama perpustakawan dan kalau liat  nonton film Monster University, waktu adegan perlombaan di perpustakaan. Kalau pesertanya bikin suara yang menganggu bakal di usir oleh perpustakawannya. Serem banget kan ?
Jadi dari sekarang yang punya waktu luang, coba ja sesekali nongki di perpustakaan. Entah itu perpustakaan di sekolah, kampus, atau perpustakaan daerahmu. Karena di sana banyak banget bacaan yang menarik dan tentunya buat wawasan jadi luas. Dan terkadang ada perpustakaan yang full ac. Jadi di jamin bikin adem hahaha



Itu aja tempat yang saya rekomendasikan buat kalian yang mencari tempat yang nyaman buat menulis. Ketiga tempat di atas adalah tempat favorit saya buat menulis. Kalau kalian tempat favorit buat menulis di mana ?



33 comments:

  1. Setuju banget sama yang pertama..
    Nulis di dekat jendela..

    Intinya sih kalo udah stuck nulis, ngeliat alam itu bagus banget..
    #kalo pemandangan diluar bagus..

    Apalagi kalo kita lagi liat jendela, dan pas lagi ujan..
    moment yang indah..

    ReplyDelete
  2. Menulis di keramaian. Serius. Di angkutan umum, bandara, jalanan hingga pasar. Coba deh.

    ReplyDelete
  3. kalau saya, lebih enak di kamar kosan sama perpustakaan. dapat idenya cepat mas

    ReplyDelete
  4. di rumah saaj tp nulisnya pagi sekali jam dua apgi saat suasana sepi dan taka da yang ganggu

    ReplyDelete
  5. Kalo saya sih tempat favorit menulis itu di kertas putih
    Nah kalo tempat favorit mengetik itu di keyboard
    Udah itu aja

    ReplyDelete
  6. Saya biasa menulis di perpustakaan. Karena sumber inspirasi banyak banget di sana, apalagi di sana nggak ribut. SUmber inspirasi ilmu juga bangyak.

    ReplyDelete
  7. menurutku tempat menulis seperti diatas terkadang nggk sesuai dgn ekspentasi kita

    klo di deket jendela itu terkadang kita sering kepanasan kena sinar matahari, klo tempat terbuka kita sering digigit nyamuk, klo di perpus kita nggk konsentrasi. menurutku lebih enak di kamar

    ReplyDelete
  8. Saya lebih suka menulis di tempat ramai tapi gak bising. Dengar orang-orang ngobrol itu atau alunan musik yang gak keras itu tempat paling epik buat nulis.

    ReplyDelete
  9. nulis di rumah mantan juga patut untuk dicoba om. . mantep dan menantang, apalagi pas doi lagi mesra mesraan sama pacar barunya. .

    ReplyDelete
  10. kalau saya paling kalau ga di kamar, di perpus kampus, atau di kafe teman.
    buat saya, bukan dimana tapi bagaimana. saya lebih suka menulis dalam kondisi sendiri, tulisan saya selama proses menulis ga dilihat sama orang lain. tapi kalau sudah diposting, silakan dibaca. :)

    ReplyDelete
  11. Gue nulis di teras rumah si Di. Kadang di caffe dan kadang di kamar. Kalau di tempat terbuka repot kalo ga ada colokan haha..

    Nah di jendela, kamar gue jendelanya gak ada jadi ga mungkin ajah sih haha

    ReplyDelete
  12. Beberapa tempat kayak perpustakaan sering gue kunjungi pas dulu nulis skripsi.
    Tapi abis kelar skripsi gue hampir GA pernah lagi mampir ke perpus.

    Tapi kalo dipikir pikir gue kayaknya belum pernah bikin tulisan macem postingan blog di beberapa tempat diatas. Karena biasanya inspirasi menulis gue munculnya gajelas di mana aja, yang penting sebelum menulis pikiranku harus tenang :)

    Mungkin kedepannya gue bakal coba salah satu tempat diatas

    ReplyDelete
  13. Kalau aku sih lebih suka dikamar sendiri, kalau diperpus paling baca-baca blog orang hehehe

    ReplyDelete
  14. Kalo di tempat terbuka atau di perpus, biasanya gua sih moodnya lebih ke arah baca daripada nulis. Kalo nulis, paling enak di kamar sendiri (deket jendela), atau kalau lagi suntuk, gua suka bawa laptop dan nulis di ruang makan yg cahaya mataharinya lebih terang hehe

    ReplyDelete
  15. Hai adi aku suka menulis puisi loo

    ReplyDelete
  16. aku paling suka nulis di tempat kerja. wqwq make pc kantor pula ples koneksi internetnya sekaligus.

    nggak tau kenapa, aku justru nggak begitu nyaman nulis di ruang terbuka, susah buat konsentrasi.

    ReplyDelete
  17. Tergantung suasananya, klo Rame ya mau gamau pindah XD | Salam Hiasan Rumah Hoki

    ReplyDelete
  18. Kebanyakan tulisan saya di blog ditulis di kantor, sambil kerja. Coba cek blog saya. *promosi, njir*

    ReplyDelete
  19. Tempat favorit sih paling enak di rumah. Lebih tepatnya di dalem kamar. Bisa sampe seharian aku mengurung diri di kamar. Kalo keluar paling cuma pas mau mandi, makan, sama sholat.
    Kalo lagi bosen di rumah, biasanya aku juga ke perpus, tapi pagi-pagi buta. Maksudku, nggak pas abis subuh gitu, tapi di jam yang nggak mungkin banget orang mau pergi ke perpustakaan jam segitu. Aku memutuskan pergi ke perpus jam 6 pagi karena tempatnya bener-bener sepi dan enak buat nulis.
    Kalo di tempat umum, kayak di alun-alun kota aku juga pernah. Enak juga sih. Tapi terkadang agak sebel karena banyak orang ngamen. Trus aku juga pernah dihampiri orang yang sok kenal gitu. Jadi, tempat favoritku adalah di kamar dan di perpus :)

    ReplyDelete
  20. Selama ini sih kalo nulis konten blog selalh dikamar, soalnya kalo lagi gak dikamar berarti saya lagi sibuk & gak sempet buat nulis. Tapi kalo untuk bahan ngeblognya sendiri sih lebih sering nyari pas lagi nongkrong diluar kayak kafe dll, rasanya lebih dapet banyak inspirasi dibanding kalo diem di kamar aja

    ReplyDelete
  21. HAI ADI SESUAI DENGAN STATUS FB MU HARI INI AKU SDAH BERKUNJUNG KE WEB MU

    ReplyDelete
  22. Aku sih pake komputer. Jadi ya spot nya di depan komputer yang itu letaknya nempel ke jendela. Tapi juga nggak untuk lihat pemandangan juga sih. Soalnya pemandangan jendela kamarku itu dindingnya orang hahaa...
    Itu juga aku tutup sama selambu.

    Di mana aja aku bisa nulis. Asal sepi dan nggak dilihatin layar komputernya sama orang lain. baru deh bisa.. :D

    ReplyDelete
  23. Yang paling enak sih dirumah, sambil dengerin musik ada cemilan udah deh berjam2 duduk sambil nulis tau2 udah malam heheheh

    ReplyDelete
  24. Iya emang enak banget, kalo nulis di tempat terbuka. Udah anginnya semilir. Terus the scenery is very beautiful....hehehe...

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. Aku sih senengnya nulis di dalam kamar, gak mesti di depan jendela. yg pnting hanya ada aku dan laptop hehe.

    ReplyDelete
  27. setuju sama yang pertama.. saya suka nulis di dekat jendela karena bisa konsentrasi sekaligus kalau capek bisa langsung lihat dunia luar. praktis

    ReplyDelete
  28. Dekar jendela, feelnya lebih dapat hehe

    ReplyDelete
  29. yg pasti tempat favorit dikamar, sambil kunci pintu, dengerin musik en sambil ngemil

    ReplyDelete
  30. Kalau aku suka nulis di ruang sempit, sendirian, gak ada orang, hahahaha
    di deket jendela jg enak sih

    ReplyDelete
  31. Kalau saya...tempat fav menulis tetaplah kamar. Ditunjang meja belajar yg ciamik nan cantik, lebih semangat lagi. Kalau mau kembaran, cek dulu harganya di priceza.co.id. Kalau ditaruh dekat jendela...akan lebih wow lagi. Cuma nulisnya kala suasana sepi ajah. Biar konsen

    ReplyDelete
  32. No 2
    Paling seru tempat terbuka karena diluar sana banyak inspirasi *yaelahh

    ReplyDelete

Eitsss jangan buru-buru amat. Tinggalin jejak dulu disini! Buat penyemangat yang nulis~

Absurd di Twitter

About Blog

www.adifebrian.com adalah personal blog dari Adi Febrian seorang pelajar dengan hal-hal random yang di tulis di blog nya yang dia sebut sebagai digital diary's Selengkapnya

Fanspage