Wednesday, 28 December 2016

Balada Mahasiswa Baru~

Assalamualaikum gaes . . .

Gimana nih minggu terakhir di tahun 2016, masih sehat kan ? Khususnya Mahasiswa baru  masih sehat kan sama tugas-tugasnya ? Sebagai Mahasiswa baru saya mau jawab kalau gak sehat-sehat amat.

www.adifebrian.com



Kalian pernah nonton ftv atau sinetron yang cerita tentang anak kuliah ? berasa perfect banget kan kehidupan kuliahnya. Dari persahabatannya, dari menghadapi materinya dan kayaknya adem-adem aja kalau ada tugas. Ternyata itu gak nular di dunia nyata. Ketika menginjak dunia perkuliahan dosen saya sering bilang kalau kalian bukan lagi seorang siswa tapi seorang mahasiswa. Ada tambahan ‘maha’ di depan ‘siswa’.

Artinya apa ?

Kalau kata dosen saya, Artinya mahasiswa adalah pangkat tertinggi sebagai seorang peserta didik. Kalau saya sendiri artinya mahasiswa mempunyai tanggung jawab yang lebih besar. Entah itu tanggung jawab dengan tugasnya atau dengan materi yang di sampaikan oleh dosen. Jadi gini biasanya kalau gak paham dengan materi ketika masih di bangku sekolah, kita santai aja karena kalau biasanya tugas gak di kerjain bakal di tagih untuk nilai. Kalau mahasiswa gak lagi kayak gitu, di kumpul atau enggak tetap nilai keluar. 




Kalau kita emang rajin mengerjakan selamat nilai kita bakal bagus juga. Kalau enggak di kerjain, tau lah gimana hasilnya #berasapengengigitkuku #kukugodzilla
Artinya juga kita wajib mengejarkan tugas. Jadi banyak orang bilang kalau tugas itu dikerjakan bukan di ratapi.

Syukurnya untuk menjadi mahasiswa berada di jalur benar itu gak susah. Karena di kampus banyak seminar-seminar yang sangat membantu mahasiwa. Dan saya juga pernah dengar yang menjadi motivasi banget yang katanya gini “kalau mau jadi mahasiwa itu pakai niat jangan sekedar mau lanjutin study atau cuma have fun sama teman-teman aja”.

Oleh karena itu sebagai mahasiswa juga dituntut aktif. Entah itu dalam bidang organisasi atau komunitas yang tentunya bisa menambah skill di dirinya. Dan sebagai mahasiwa jangan sampai jadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah-pulang-kuliah-pulang).

Kenapa jangan ?

Alasannya menurut saya seorang mahasiswa itu gak bisa jadi apa-apa kalau gak bisa aktif dalam ber-interaksi dan kayaknya kurang aja kalau mau mengembangkan diri cuman belajar di kuliah. So jadi manfaatin kegiatan-kegiatan yang bisa menambah skill dan  membuat kita menjadi mahasiswa yang benar.

Tetapi gak semudah membalik tangan mantan untuk menjadi mahasiswa yang benar. Apalagi zaman sekarang yang dimana ada suatu trend bakal diikuti semua orang tak terkecuali mahasiswa. Kayaknya susah banget gak ikutan kayak gitu apalagi kalau dimana-mana sudah mengikuti trend. Khususnya mahasiswa yang menjadi anak kos. Kalau kayak gitu tantangan kalian lebih berat sob . .

Tapi di sini tantangan seorang mahasiswa. Namanya juga ‘maha’ ‘siswa’ yang udah gue bilang tadi tanggung jawabnya besar. Dan menurut saya menjadi mahasiswa juga suatu keuntungan. Menjadi mahasiswa juga adalah jembatan untuk menjadi dewasa.

happy excited spongebob spongebob squarepants exciting
by giphy.com

So jangan mengikuti arus menjadi mahasiswa, Harus berani melawan arus and keep fighting!


39 comments:

  1. Maap, Mas. Sy sudah lupa rasanya jadi mahasiswa :-D *ketahuan tua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih mending lupa, saya sama sekali ga pernah tahu rasa "mahasiswa" itu seperti apa. label "mahasiswa" saya sanding cuma 10 bulan, sistem belajar persis seperti SMA, yang berbeda cuma kuliah senin-jumat, dan ga ada PR.

      Delete
    2. baca komen ini rasa bersyukur yaa ;)

      Delete
  2. Bener. Gue setuju banget sama lu di. Hidup itu memang harus melawan arus. Tapi jangan jg sih melawan arusnya dibawa ke jalan raya, bisa bahaya nyawa lo.

    Tapi, sepertinya gue udah lupa gmn rasanya jadi mahasiswa baru dulu. #generasi90anbgtz haha

    ReplyDelete
  3. Ekspetasi selalu beda dengan realita..

    Hhehe gw belum ngerasain jadi mahasiswa nih.. Diliat dari post ini kayanya susah yh jadi mahasiswa..

    Semangat terus ka :D

    ReplyDelete
  4. Ciee Mahasiswa Baru,
    Lebih baik dibawa enjoy aja dulu, jangan ampe stress. Karena semester depan akan lebih menantang. Hihihii

    Btw, Aku setuju tentang mahasiswa kupu-kupu. Hehehee Pernah kesel juga sama kupu-kupu yang doyan kritik mahasiswa organisator, padahal kagak tahu apa-apa -__-

    ReplyDelete
  5. Owalah, kuliah pulang kuliah pulang, wkwkwkwkkwwk :v

    Btw, gua belum mikirin masa kuliah gua nanti, gua mau mikirin masa SMA gua nanti. Ngk banyak yg gua ketahui tentang mahasiswa, yg gua tau cuman dosen, skripsi, dll

    ReplyDelete
  6. terkadang memang di beberapa universitas di Indonesia mengadakan seminar seminar gitu ,kan lumayan ilmu nya bisa nambah juga.

    Gue juga ngerasa gitu ya,hahaha.Di ftv ftv gitu seperti nya berjalan normal normal aja tapi beda dengan kenyataan yang ada.

    ReplyDelete
  7. Sukses kuliahnya bang Adi..selalu semangat ngejar cita2..yg ideal akademis pintar, organisasi aktif..toppp

    ReplyDelete
  8. Dan bener banget kata lo yang kehidupan kuliah di dunia nyata tak seindah kehidupan kuliah di ftv. Gue juga maba dan gue ngerasain banget gimana serunya (saking serunya sampe bikin nangis darah) kehidupan maba. Mulai dari ribet ngurusin ospek yang kagak kelar-kelar, terus nyelesain tugas, buat laporan, bolak-balik kampus kos-an setiap hari dan begadang sampe pagi atau juga kadang gak tidur gegara laporan dan tugas deadlinenya deketan. Sabar-sabar deh kalo jadi maba mah

    ReplyDelete
  9. Selamat menjadi mahasiswa baru, selamat mwnjelajahi hutan rimba, siapa yang tangguh ialah yang bertahan, siapa yang pandai bertahan hidup ialah yang berada di rantai makanan teratas hehe
    Kayak gitu gak sih?

    Ya ikuti aja prosesnya, ikuti aja alurnya, nanti kan terbiasa, nanti kan dapet ritmenya. Banyak hal seru kok di dunia perkuliahan. Dan ingatlah wahai kisanak, kau akan menemuka hidupmu seutuhnya di hutan rimba ini, asikkk

    ReplyDelete
  10. Selamat menikmati masa masa mahasiswa baru

    ReplyDelete
  11. That's right~~~~ karena mahasiswa adalah 'agent of change' hehehe

    ReplyDelete
  12. Huh ternyata beginikah kuliah sesungguhnya, gue kira kuliah itu gak begitu. Keknya harus bener-bener siap mental deh buat tahun depan jadi maba, huhuhu...

    Intinya sih harus aktif aja sih :)

    ReplyDelete
  13. Enak loh bang jadi mahasiswa kupu2
    Bisa terbang

    ReplyDelete
  14. Kalo di kampus saya dulu, mau gak mau mahasiswa harus aktif ikut kegiatan/organisasi. Karena itu juga jadi syarat kelulusan. Minimal harus dapet 15 poin. Kalo ga salah tiap ikut partisipiasi bisa dapet poin 1-4.

    ReplyDelete
  15. bahahaha, dosen gue juga bilang begitu. mahasiswa, "maha" dan "siswa", pangkat lebih besar.. tanggung jawab lebih besar.. tugas pun lebih besar. Walaupun harus berjuang ekstra dari hanya sekedar "Siswa" tapi jadi mahasiswa itu sebenarnya menyenangkan. Apalagi mahasiswa baru, masa dimana kita masih adaptasi.. dimana katanya tugas2 di semester 5 itu udah mulai bikin ngeri..

    ReplyDelete
  16. Mumpung masi mahasiswa mumpung masi idealis2nya...ntar menuju umur dewasa uda lebih komplek lagi tu urusan hidup hihi...
    Sehingga jadi lbih realistis
    Mumpung masi muda emang lebih enak klo nyobain hal2 yang bermanfaat, kelak bisa berguna di kehidupan bermasyarakat yang sebenernya
    Klo kehidupan mahasiswa di ftv tu rasanya ga logis, soalnya serba mentereng jadi aku ga gitu suka liat ftv hahhah, klo pada kenyataannya mahasiswa beneran mah lebih bermanfaat kegiatannya ketimbang yang diperlihatkan di ftv2 itu

    ReplyDelete
  17. Yap bener banget jadi Mahasiswa emang dituntut buat belajar mandiri, gue inget banget perubahan waktu sekolah trus masa-masa kuliah. Meskipun gue nggak lulus sih... hehehe ...

    Jangan disamain sama FTV-lah, film kan cuma nunjukkin beberapa scene aja nggak semua kehidupan diulas.. Selamat menikmati jadi mahasiswa baru yaa...

    ReplyDelete
  18. Selama jadi mahasiswa emang diusahain untuk aktif di berbagai kegiatan supaya bisa menambah teman, ilmu, dan pengalaman juga biar pas lulus nanti seenggaknya udah dapet bekal buat memasuki dunia kerja.

    ReplyDelete
  19. kalo jadi maba emang masih semangat2nya nih. coba pas udah semester 5, mulai jenuh dan pengin cepet2 lulus, kalo yang cewek pengin segera nikah :))

    bener banget, kalo jadi mahasiswa jangan kuliah-pulang aja, ikut2 organisasi biar soft skill berkembang, bisa nambah cv juga di pengalaman organisasi \o/

    ReplyDelete
  20. Ya begitulah namanya juga kuliah, jadi mahasiswa, tugasnya juga makin banyak.

    Belum lagi ketemu kakak kelas yang nawarin bisnis yang kalau gajian bisa beli kapal pesiar, harus extra hati hati.

    Niat aja gak cukup mas, kadang ada aja teman berjiwa iblis yang maksa ngajakin mbolos, harus niat dan kuat iman hehehe

    ReplyDelete
  21. Mahasiswa baru yah?
    Cuma mau ngingetin. Jangan percaya apapun yg dosen katakan, sebelum kau verifikasi kebenarannya.
    Jadilah mahasiswa yang kritis. Dan tau Indonesia.
    Its simple thing

    ReplyDelete
  22. Saya masih lama banget mau jadi mahasiswa. :((

    Keliatan juga di sinetron tv juga, kehidupan mahasiswa dibikin sedramatis, biar orang anggap jadi mahasiswa itu enak, padahal kalau diliat dari postingan mahasiswa yang udah mau lulus, nggak ada yang enak. Katanya sih gitu.

    Gue masih SMA, dan awalnya juga gue pikir masa SMA ini lebih banyak santainya, ternyata nggak, malah makin stres dengan tugas. Huh.

    ReplyDelete
  23. Waaah kakaknya udh jadi maba, hmm berati satu tingkat di atasku ya. saya baru tahun ini mau jadi maba inshaallah T-T

    ReplyDelete
  24. Kayanya paragraf pertama itu kata pembuka wajib dosen deh untuk maba,gue juga maba dan juga disuguhin paragraf pertama itu oleh dosen-dosen di kampus
    Btw,membalikkan tangan mantan itu susah loh,kemungkinanya bisa jadi kena gampar

    ReplyDelete
  25. Dulu gue liat jadi mahasiswa itu keren kayak yang gue liat di tv. Tapi setelah gue merasakan, ternyata ya gitu. gue tau apa yang lo rasakan. Haha

    Selamat menjadi MAHA siswa bro. terus berkarya dan selalu ingat bahwa lo itu sekarang MAHA!

    ReplyDelete
  26. Jadi inget beberapa puluh tahun yang lalu...

    ReplyDelete
  27. eh gue dulu kuliah kagak tau kenapa gue masuk jurusan yang gue ambil.. hahaha jadinya ya nggak betah gtu, tapi harus gue paksain karena sayang uang orang tua udah keluar banyak.

    upgrade skill lo di masa2 kuliah di soalnya nanti pas keluar skill itu yang akn di lihat orang. terutama soft skill yang harus banget lo asah

    ReplyDelete
  28. jadi mahasiswa tuh gak kayak yang di tv2.. dibalik senyum mereka ada hutang revisi yang belum terpenuhi. percayalah haha.
    upgrade skill tidak hanya dalam berorganisasi.. kamu bisa magang2 atau bantu2 dosen kok.. kalau gw anakny agak kurang suka ikut2 organisasi.. senengnya kerja sampingan.

    ReplyDelete
  29. Dulu saat jadi mahasiswi saya jarang betah dikampus kalau gak hal penting, mending dikosan ngerjain tugas daripada nongkrong gak jelas :p

    ReplyDelete
  30. saya masih mahasiswa nih mas wkwkwk tp bisa bagi" waktu >< hahayy

    titip link jg ya kalo ada yg butuh info wisata Pariwisata

    ReplyDelete
  31. Jadi mahasiswa memang harus pinter2 pilih kegiatan ya, kalau ikutin arus mahasiswa malas ya nantinya rugi sendiri hehehe
    harus ada niat untuk menjaga diri

    ReplyDelete
  32. memang agak susah beradaptasi apabila masih mahasiswa baru

    ReplyDelete
  33. Iya ya, gak seindah di ftv kuliahnya. Hahaha. Apalagi menjelang semester atas tuh. Ngurusin skripsi, bimbingan, dll nya banyak bgt. Nguras emosi, nguras perasaan, nguras waktu juga:(

    ReplyDelete
  34. Jd mahasiswa baru cape, udah beres juga msh hrs cape nyari kerjaan ya...

    ReplyDelete
  35. websitenya bagus sekali, bermanfaat bagi yang membaca. Sukses selalu ya jam digital masjid

    ReplyDelete

Eitsss jangan buru-buru amat. Tinggalin jejak dulu disini! Buat penyemangat yang nulis~

Absurd di Twitter

About Blog

www.adifebrian.com adalah personal blog dari Adi Febrian seorang pelajar dengan hal-hal random yang di tulis di blog nya yang dia sebut sebagai digital diary's Selengkapnya

Fanspage