Monday, 31 October 2016

Kenapa Harus Belajar Otodidak ?

Assalamualaikum gaes . . .


Gak kerasa tinggal 2 bulan lagi kita berada di tahun 2016 ini. Dan gak kerasa juga kita udah mau ninggalin aja tahun paling menakjubkan ini. Di Kalender masehi bentar lagi kita bakal menuju bulan November dan kalau di kalender akademis khususnya perkuliahan nih, Sebentar lagi bakal menyambut yang namanya Final test. 


Dan sekarang mungkin ada anak kuliah yang lagi disibukan dengan middle test. Termasuk gue nih, yang sekarang lagi mabuk-mabuknya dengan rumus-rumus hafalan buat middle test.


Tentunya sebelum Ujian/Test, Gue udah belajar sebelumnya, yaa walaupun malas nya lebih banyak ketimbang belajarnya. Tapi, tetep belajar ko (Masih bela diri)


Nah untuk belajar sendiri dibagi jadi 2, Yang pertama belajar di sekolah atau di tempat kuliah dan yang kedua belajar yang di lakukan sendiri. Sayangnya, Banyak dari kita cuman mengandalkan belajar di sekolah ataupun di kampus, Alhasil yang didapatkan cuman yang diberikan pengajar, Hanya tau itu-itu doang, dan keahlian yang dimiliki juga terbatas.

Tapi, ada tipe belajar yang dimana kita bisa explore dan mendalami hal-hal lain yang belum pernah didapat sebelumnya. Yap!! Belajar Otodidak.  Menurut gue, Belajar otodidak itu pentingnya pakai banget! Apalagi orang kayak gue gini yang tipenya suka menyendiri. Nah di sini gue juga bakal kasih tau  “Kenapa harus Belajar Otodidak ?”

Yuk mari . . .

www.adifebrian.com


      1.  Lebih Memahami yang dilakukan


Belajar Otodidak berarti kita harus memahami apa yang kita pelajari dengan sendiri tanpa bertanya ke orang lain. Walaupun terkadang pusing sendiri, Karena susah paham ketika belajar otodidak. Tapi dari pusing tersebut juga, kita bisa cari solusi untuk mengatasinya dan hasilnya kita bisa lebih memahami apa yang kita lakukan.

Enak kan kalau kita sudah memahami yang kita lakukan. Jadi gak perlu bingung “kenapa jadi kayak gini, kenapa jadi kayak gitu, kok bisa kayak gini atau kayak gitu”. Tapi ada syaratnya , Kita dituntut jangan cepat menyerah kalau lagi stuck ketika belajar otodidak. Bikin semangat aja kalau lagi stuck dalam belajar. Anggap stuck ini sebagai tantangan bukan sebagai beban.

  2. Dapat Ilmu Baru


Keuntungan besar kalau kita belajar otodidak adalah kita bisa mempelajari ilmu atau hal baru yang belum pernah di ajarkan di sekolah ataupun di tempat kuliah. Mempelajari ilmu baru ini bebas aja, Entah itu berhubungan dengan jurusan sekolah/kuliah kita ataupun menambah ilmu yang lainnya yang gak ada hubungannya sama sekali.

Baca juga : Alasan Kenapa Harus Memakai Jas Hujan

Contohnya gue, Gue sebagai anak smk dengan jurusan Multimedia. Sering banget belajar otodidak dengan tujuan dapat ilmu baru. Caranya, cari tutorial tentang aplikasi-aplikasi yang berbasis multimedia kayak Photoshop,Corel Draw dll.
Dan di zaman sekarang untuk cari tutorial kayak tadi gampang banget. Kalau situs favorit gue untuk belajar tutorial adalah di www.rizqialam.com . Dan yang empunya adalah sohib gue. Dia juga anggota dari Pena Blogger Banua dan penulis di Badangsanak.com. Jadi kalau apa-apa gue bisa tanya langsung ke orangnya. Dan dia jawab terus waktu message juga. Emang gitu kalau jomblo, kalau di chat balasnya cepat kaya kilat. 


 3.  Bisa Mengekspresikan Pemikiran Kita


Menurut gue, Asyiknya kalau belajar otodidak adalah kita bisa mengekspresikan pemikiran kita tanpa takut salah . Karna belajar otodidak, gue bisa eksperimen sepuas hati. Walau terkadang marah-marah sendiri, kenapa gak berhasil-berhasil waktu belajar. Tapi, senengnya bukan main kalau udah bisa dan berhasil. Kayak habis liat mantan pacar putus sama mantan. Seneng banget!

Nah, kalau udah bisa mengekspresikan pemikiran kita. Di jamin deh! Bakalan asyik banget buat belajar otodidak!

smiling emma stone
via giphy.com



Nah itu kenapa kita harus belajar otodidak. Dan belajar otodidak juga berarti kita mengukur sendiri kebiasaan kita sampai darimana. Dan buat belajar, Jangan pernah bosan dan merasa puas! Ciao!

57 comments:

  1. Aku malah tipe orang yang di kelas kada merhatikan, tapi di luar kelas... tetap kada belajar.

    Btw, tutorial alam memang mantap. Pernah berhasil sekali bikin siluet, padahal baru pertama kali buka corel waktu itu

    ReplyDelete
  2. belajar otodidak, sebenarnya belajar tanpa perencanaan. karena rasa ingin tahu. belajar otodiak muncul. 3 pont diatas benar dek. :)

    ReplyDelete
  3. menurut gue semua berawal dari niat dulu bro, kalau sudah ada niat pasti akan diberi kelancaran dalam belajar.
    Gue juga termasuk orang yang suka belajar dari otodidak sih, tapi kalau ga ngerti langsung bingung sendiri :)) wkwk

    ReplyDelete
  4. Belajar otodidak itu lebih bereksperimen bro. Bener kata lo tadi itu. Pas belajar ngeblog aja gue belajar sendiri, paling tanya2 sama temen ngebloh via chat. Udah itu aja... hehe

    Tapi.. serunya belajar otodidak gak takut salah. Tapi ya gitu, harus jaga semangat. Karena itu hal yang paling penting.

    ReplyDelete
  5. Iya, ya, udah nggak kerasa kurang 2 bulan aja. bentar lagi udah masuk tahun baru 2017. Terasa cepet banget nggak sih?

    Yap! Ada kalanya kita memang harus belajar sendiri secara otodidak. Karena kalau cuman ngandalin pendidikan di sekolah, atau haru ada yang ngajarin, ya kita nggak akan maju-maju. Mending dipelajarin secara otodidak dan akan mendapatkan manfaat seperti semua poin yang kamu sebutin di atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya cepet banget. Udah ngpn aja zam tahun ini? wkwk

      Delete
  6. kalo belajar otodidak itu kuncinya cuma 1 sih: kemauan.

    Emang sih kalo belajar otodidak itu jadi lebih paham, yang jadi masalah kalo belajar otodidak tapi gak ada panduannya, yang ada malah ngawur haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu bahayanya belajar otodidak gak ada panduanya. makanya belajar otodidak tetap harus ada contohnya atau panutan

      Delete
  7. Etapi nggak semua hal bisa dipelajari otodidak nggak sih? He. Misalnya, nyetir mobil tuh nggak bisa otodidak deh. Karena yaaa minimal ada yg dampingi. Dan tentu saja yg dampingi jago nyetir. Ambil lah contoh yg dampingi Fernando Alonso.. Waaa sekalian balap tuh. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya gak semua hal juga harus otodidak hehe. Maksud gue di sini belajar otodidak yang udah ada contohnya gitu hehe

      Delete
  8. Aku setuju dengan point diatas, beljar otodidak juga perlu menurutku, karena kita belajar sesuai kemauan, jika saat belajar dapat memecahkan suatu masalah, senangnya luar biasa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoii tapi syaratnya jangan gampang menyerah hehe ;)

      Delete
  9. Oooo jadi ilmu otodiak itu bisa untuk memecahkan masalah, harus banyak banyak browsing nih.

    Tapi belajar itu tergantung kemauan dan niat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi. yang paling penting sih itu. Terus kalau udah ada niat yaa tinggal do action aja lagi ;)

      Delete
  10. Iya, dari kecil aku terbiasa belajar dan mengerjakan tugas PR sendiri. Baru kalau mentok minta ajarin sama temen. Kalau prakarya juga gitu. Aku lebih seneng bikin sendiri. Nggak suka dibikinin orang. Itu memang terbawa sampai dewasa hehee... Belajar sendiri itu penting supaya nggak manja. Karena nggak semuanya orang mau membantu kita ketika kesulitan. Nice post. Aku suka ulasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi yang dance2 itu belajar sendiri vin? gak ikut kelas dance gitu??

      Yap gue suka tuh kalau belajar sendiri itu penting supaya gak manja

      Delete
  11. Setuju dan Gak Setuju sih.

    Setuju karen dengan otodidak kita bisa lebih luwes dalam belajar ini dan itu.

    Tidak setuju karena walaupun begitu kita tetep butuh guru/coach agar apa yang kita pelajar bisa terarah dan sistematis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kayak gini gue suka, ada sanggahannya

      Setuju nih sama komentar km. karna punya guru juga penting ;)

      Delete
  12. Aku udah bisa ngerasain efek positif belajar otodidak.
    Aku juga termasuk tipe orang yang lebih suka belajar sendiri.
    Kayaknya kalo belajar otodidak aku bener-bener mau melakukan apa yang aku mau.
    Jadi belajar ga ada paksaan gitu.
    Ilmu pun lebih cepat di serap :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih kayaknya leon emang suka banget belajar otodidak yee

      Delete
  13. belajar otodidak itu somehow emang lebih seru ketimbang belajar dari guru. karena kalau otodidak, meskipun lama.. tapi ketika terjadi kesalahan, maka kita adalah guru untuk diri sendiri yang mencari jawaban yang membenarkannya. tapi kendalanya sih waktu... huhuhu :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iyaaa dan kalau cepet menyerah mah susah juga. tapi worth it banget hasilnya ;)

      Delete
  14. Kebetulan saya tipe yang ngga bisa otodidak harus ada minimal teman untuk bertukar pikiran.

    Kalau belajar sendiri biasanya suka salah intepretasi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. balik lagi ke orangnya ya bang. gpp yang penting tetap belajar hehe ;)

      Delete
  15. Jujur sih,kalo gue lebih banyak belajar dari pengalaman dibandingkan materi yang diajarkan disekolah.Gue lebih bisa terjun langsung dibandingkan disampaikan lewat materi.

    Justru dengan belajar secara otodidak ini,bisa mengukur kemampuan kita sejauh mana kita menguasai nya .

    ReplyDelete
  16. someone told me that "belajar sendiri itu sama aja kayak belajar sama setan". jadi maksudnya adalah it's ok for u buat belajar sendiri/otodidak. tapi disaat membedakan mana yang benar dan salahnya itu kamu mungkin perlu untuk konsultasi ke..ya.. setidaknya seseorang lah.. so kamu ga salah arah. tapi, apa yang lo sebutin di postingan lo emang bener. gue termasuk yang suka 'ngulik' ya, bisa dibilang belajar otodidak. tapi, belajar otodidak biasanya didasari dari 'minat' dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap gue setuju banget sama fuji. Belajar otodidak emang harus ada acuannya dulu biat gak salah arah ;)

      Delete
  17. 2 bulan lagi... jadi sedih. 2016 berlalu gitu aja.

    Belajar otodidak emang lebih seru, sih. Tapi kalau didasari sama keinginan sendiri. hehehe. Kalau otodidak tapi nggak niat pasti ribet. Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. balik lagi ke akarnya dulu yaitu NIAT ;)

      Delete
  18. lebih bagus belajar pake guru mas, tapi kalo ga ada ya baru otodidak hehe

    ReplyDelete
  19. Setuju dii, aku dulu pas belajar mendesain blog belajar sorangan juga. Otak atik template blog yang bahasa alien ngitu, pusing jua sebujurnya cuman pas dijalani asik aja. Kayak kisah aku lawan ayu, walau pun nya sudah bisi pacar tapi tetap asik.

    Mun alam tu jangan dikisah lagi dah, siswa di sekolah ja aku rekomendasi gasan mencari tutorial desain ke blog alam langsung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mboh sorangan kah lawan si cerly?

      Delete
    2. Kamprit malah ke ayu pulang. kada rami lagi jadinya haha

      Delete
  20. Iya. Banyak hal yg bisa dipelajari kok sebenernya. Asalkan ada kemauan :D Apalagi sekarang internet tuh gak susah. Semua tutorial ada.

    ReplyDelete
  21. Tetep butuh belajar di kelas sih utk basis pemikiran supaya ndak liar :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah betul juga ini. karena semuanya harus ada tuntunan dulu ;)

      Delete
  22. Kenapa harus belajar otodidak? karena kalo nggak harus namanya otoiya. Iya-in aja lah, ya.

    ReplyDelete
  23. Satu lagi tambahan mas. Murah. Ga perlu bayar guru les dan sebagainya

    ReplyDelete
  24. Kalau gue sih setuju kalau belajar otodidak itu lebih bagus. Karena yang lebih paham dengan apa yang kita lakukan ya pribadi kita sendiri.

    ReplyDelete
  25. otodidak best teacher for me........... ane dulu kursus cuma ITC, WS, LOTUS. Selebihnya otak atik otak sendiri

    ReplyDelete
  26. Aku jugaa lebih sukaa belajar otodidak ๐Ÿ˜๐Ÿ˜Š lebih bisa explorasi dan lebih paham dibandingkan kalau les. . Wkwkwkw

    ReplyDelete
  27. Tapi menurutku enggak perlu menutup mentor juga. Belajar sendiri lebih baik, tapi kalau ada yang bisa jadi pengarahnya, kenapa tidak? :)

    ReplyDelete
  28. dan template kita pun sama persis, tapi punya saya lebih cakep karena bisa ngeditnya, hahaha

    otodidak itu free time, anytime we have chance to learn. initnya bebas mau belajar apa saja

    ReplyDelete

Eitsss jangan buru-buru amat. Tinggalin jejak dulu disini! Buat penyemangat yang nulis~

Absurd di Twitter

About Blog

www.adifebrian.com adalah personal blog dari Adi Febrian seorang pelajar dengan hal-hal random yang di tulis di blog nya yang dia sebut sebagai digital diary's Selengkapnya

Fanspage