Thursday, 29 September 2016

3 Manfaat Absurd Magang

Assalamualaikum gaes . . .
 

Beberapa hari kemarin gue dan teman-teman sekolah yang dulu tempat magangnya sama. Diundang untuk menghadiri perkawinan dari salah satu karyawan di tempat magang  dulu.


Jujur udah lama banget gue gak ketemu sama karyawan-karyawan tempat magang ini. 

Menurut gue, tempat magang ini berkesan banget buat diri gue sendiri dan teman-teman gue lainnya. Walaupun awalnya oga-ogah’an buat magang. Tapi kesininya gue sadar. Ternyata banyak banget manfaat yang gue dapat ketika magang. Nah buat kalian yang belum tau manfaat magang. Gue bakal share apa aja manfaat magang yang gue terima. Yuk mari~





     1.   Menambah Pengetahuan


Manfaat pertama yang gue terima ketika magang adalah banyaknya pengetahuan yang gue dapatkan dan gak ada di sekolah. Pengetahuan ini berupa praktek, Apalagi kalau kalian magang di tempat yang sesuai dengan jurusan kalian. Dijamin deh banyak hal yang kalian pelajari. 

Kayak gue, yang sempat magang di salah satu percetakan di Banjarmasin yang kerjaanya desain spanduk dll. Alhasil gue banyak belajar tentang desain grafis yang menjadi pelajaran gue di SMK dengan jurusan Multimedia. Disana juga gue banyak banget dapat tips tentang desain grafis dari karyawan disana. Jadi buat kalian yang malas teori-teori pelajaran, Magang ini cocok banget buat kalian. Karena disini kalian dituntun untuk praktek.

       2.  Dapat banyak teman baru


Selama gue magang dulu. Banyak banget kenalan dan teman baru yang gue dapat. Ada yang dari sekolah lain yang kebetulan magang di tempat yang sama juga dan juga karyawan disana yang selalu bikin ketawa ngakak kalau lagi mereka ngelucu. Salah satu karyawan yang paling bikin ngakak kalau ketemu adalah si Beta. Iyaa namanya Beta (gue sampai sekarang gak tau nama aslinya #maafkeun)

Beta ini orang yang cukup penting di tempat magang gue dulu. Walaupun dia orang penting, dan punya anak buah. Tapi, tetep aja anak buahnya ngeledek dia, bully dia, bahkan nyuruh-nyuruh dia juga. Terkadang gue bingung yang mana manager dan yang mana karyawan. Tapi Beta ini sering menasehati kalau ada temannya yang salah, Yaa.. kayak orangtua yang mengayomi anak-anaknya.
Selain teman di tempat magang. Beta juga teman gue di Komunitas Pena Blogger Banua dan salah dia juga salah satu penulis di badangsanak.com . iyaa sama kayak gue juga. #cieegitu

Selain Beta, banyak lagi teman-teman baru yang gue dapat di tempat magang. Dan sampai sekarang gue masih diakui teman mereka. Buktinya diundang kekawinan :p


      3.   Merasakan Dunia Kerja


Nah ini mungkin yang banyak ditakuti calon anak magang. Yap! Kalian bakal merasakan sensasi dunia kerja itu seperti apa. Bahkan katanya yaa anak teman gue yang dimarahin di depan karyawan sama manager disana karena dia gak teliti ketika magang, Padahal dia kan gak tau ya pekerjaannya dan lagian dia cuman anak magang yang seharusnya gak dimarahin seperti itu.

GAK-GAK, GUE CUMAN NGARANG DOANG KO CERITA DI ATAS *WHAHA *KETAWAKAISAR

Magang gak sekejam itu ko, masih kejaman mantan yang baru putus terus udah jadian lagi. Di tempat magang kalian bakal di tuntun dalam mengerjakan pekerjaan disana. Jadi buat kalian jangan takut salah. Wong namanya juga belajar jadi kalau salah itu wajar. ASAL JANGAN SALAH TERUS. Itu namanya gak belajar apapun. Buat kalian yang mau magang, Kalian harus coba sensasi ini karena dengan ini kalian bersyukur dan sadar kalau cari uang itu susah banget.




Nah itu manfaat absurd yang gue dapat ketika magang. Bagi yang udah pernah magang pasti tau gimana asyiknya waktu magang, dan anak-anak calon magang ambil banyak hal positif ketika kalian magang. Karena katanya nih magang adalah bocoran dari dunia sesungguhnya. Ciao!



original image by pixabay.com

37 comments:

  1. Enak banget y magang
    Entah kenapa di sekolah gw dulu g da yg namanya magang bang
    Jadi pas sekolah gw gtw dunia kerja kayak gimana
    Gw dulu sma bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya SMA emang gak ada hehe. Nah hbs baca ini tau dung dikit2 gimana dunia kerja? hehehe

      Delete
  2. betul tuh, magang itu bisa menambah pengetahuan dan nilai pengalaman kita. iya walaupun saya belum pernah magang, hehe.........

    btw, magang juga bisa jadi sarana meluangkan waktu kok. klo lagi galauin DOI.

    ReplyDelete
  3. di gue setuju banget sama yang nomer 3, karena ketika gue magang, masuk ke dunia kerja, jadi bawahan, ngelakuin perintah atasan,,,,omggg itu woww bangetttt,,,,

    dan juga bener tuh berkat bagang pengetahuan gue di jurusan gue lebih nambah, kalo di sekolah kan kita dikasi tau cara baku, kalo dimagang gue dikasi tau cara ringkas dan jalan tembusnya biar cepet kelar ngerjain pekerjaan itu

    ReplyDelete
  4. Di, seingatku yg paling pantas dianggap orang tua dulu tu si budi pang hha...

    Entar klo ku kawin gak usah diundang yg pernah magang di sana.. hha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha jangan berabut jadi orang tua pangg

      Delete
  5. Bagi saya sebagai mahasiswa yang juga pernah merasakab magang pada semester lalu, magang itu adalah suatu proses adaptasi lingkungan kerja yang sempurna, kita yang biasa dengan jadwal kuliah yang tidak teratur, bisa2 saja bangun nya juga ngk teratur. Nah ketika magang, bangunnya itu musti disiplinm saya 2 minggu pertama ketika magang merupakan minggu terberat mas. Saya harus malu dengan beberapa karyawan kantor karena selalu datang terlambat hehe. Salam kenal mas salam bersahabat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal sebelumnya..

      Ternyata dunia kerja itu keras lagi ketimbang anak sekolah yang bangunnya udah pagi melawan rasa dingin ketika mandi. Tapi, waktu magang, gue sadar ternyata hal kyak mandi pagi itu bukan apa2 haha

      Delete
  6. DUlu gue pernah magang juga di Badan tenaga Nuklir nasional.
    awalnya sama kayak lo, ogah-ogahan..
    tapi lama-kelamaan jadi keasyikan.
    sumpah deh, gue sampe ga pengen balik kesekolah lagi, pengen magang aja terus.

    asik asli

    ReplyDelete
  7. Gue udah dua kali magang, SMK dan kuliah. Tapi magang waktu kuliah ini gak sesuai jurusan, jadinya agak canggung gitu mau ngapain. Beberapa karyawan juga bingung mau mengarahkan, karena banyak pekerjaan penting yang belum bisa diserahkan ke anak magang.

    Jadinya, gue yang kuliah di jurusan manajemen keuangan cuma magang dibagian arsip. Ngurusin arsip dan input data. Gak nyambung. Tapi, dua manfaat tetap gue dapatin. Gue dapat teman baru, dan dapat pengalaman kerja lagi, bisa untuk CV :D

    ReplyDelete
  8. Gue sekolah di sma biasa, jadi gak ada acara magang. Baru kelakon kerja praktek pas kuliah. Emang bener banget di, manfaatnya banyak. Lebih seru daripada kuliah2 sama dosen menurut gue. Walau waktu kerjanya cukup ngebosenin. Tapi pengalaman yg difapat banyak banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha walau ngebosenin yaa. tuhken banyak manfaatnya ;)

      Delete
  9. Emang sih ya , kalo kita magang itu pasti dapet pengalaman baru , temen temen baru , dan bisa merasakan seluk beluk nya kerja . Busyeet itu temen lo yang nama nya BETA , masa lo gak tau nama aslinya ? lah emang lo baru kenal sama dia ? kok bisa dipanggil beta sih ? heemm , sepertinya ada misteri deh :D .

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoii banyak banget kan manfaat dari magang. Eh, namanya emang beta keles wkwk

      Delete
  10. Emang bener banget yang lu bilang kalo magang itu dapet temen baru, sebisa mungkin cari gebetan baru...hahaha

    BETA ? Jadi inget dulu waktu kerja ada yang manggil gue BETA!... Perasaan Gue aja kali

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bonus ya kalau dapat gebetan baru wkwk

      Delete
  11. Setuju banget, pada saat magang kalian bakal ngerasain kejamnya dunia kerja. Kalian bakal menyadari bahwa ilmu yg kalian pelajari di kuliah tuh belum tentu berguna di dunia kerja, dan ternyata masih banyak banget hal yg tidak kalian ketahui. Makanya, magang itu penting.

    ReplyDelete
  12. Emang sih, sebelum kerja beneran itu, penting banget buat ngerasain magang dulu buat pemanasan sama sedikit orientasi. Kuliah semester akhir tanpa magang itu sebenarnya kurang seru. Dan yes, magang ngenalin kita sama orang orang baru dan bisa ngerasain pengalaman baru.

    ReplyDelete
  13. Waktu saya magang di sekolah saya juga ngerasain gimana dunia kerja. Banyak ga enaknya sih, tapi waktu saat saat terakhir gitu jadi sedih. Kayak ga rela tapi lebih ga rela kalo kelamaan magang hihihi #apasihkomenguainu

    ReplyDelete
  14. Waktu sekolah dulu aku gak ada magang. Waktu kuliah magang gak diterima-terima. Sulit

    ReplyDelete
  15. Menambah Pengetahuan : Gue setuju banget, Feb. Sebagai lulusan Mahasiswa (Agroteknologi), gue jadi kangen masa ini. Masa di mana gue mendapatkan pelajaran baru yg sama sekali gak didapet waktu kuliah. Bahkan, gegera magang, gue jadi punya judul Skripsi yang akhirnya beneran jadi Skripsi gue yang membuat gue lulus.

    Dapat Temen Baru : Setelah dipikir iya juga, sih. Gue yang awalnya cuman punya temen-temen di situ-situ aja, sejak magang, jadi punya temen di Malaysia, Thailand dan India. Serius. Jadi pengen magang lagi, nih.

    Merasakan Dunia Kerja : Kalo ini memang yang paling menjadi tujuan dari magang, sih, menurut gue. Tapi, gak semua magang bener-bener bisa mengenalkan dunia kerja. Soalnya, ada yg magang cuman buat Fotocopy doang. Ya, kerja juga, sih. :D

    ReplyDelete
  16. dan ada kemungkinan dapet gebetan yg umurnya lebih tua.. kan sama2 nambah pengalaman

    #Kabooooooor

    ReplyDelete
  17. Gua dulu SMA sih ga ngerasain magang, ya walaupun kadang kalau liat anak magang pengen tapi males, gitulah pokoknya~

    Tapi kalau liat anak magang kayak idupnya tersiksa banget, berangkat rapih pulang kusut banget kaya abis kena angin puting beliung. Ku merasa kasihan :))

    ReplyDelete
  18. Sudah 2 kali ngrasain magang, waktu di SMK dan kuliaah, rasanya uwuwuwu banget.
    Yang berkesan lebih waktu magang waktu SMK sih, kalo kuliah agak menjemukan. Karna ditempatkan di bidang yang kurang gue suka, jadi berasa pressure aja.
    Suka duka banget lah, Suka seperti yang loo post.
    Dukanyaaa buanyaaaaaaakkkk, kayaknya lebih banyak dari sukanya deh. Uhuhu

    Btw jadi penasaran sama blognya Beta, visite ah~

    ReplyDelete
  19. Merasakan dunia kerja itu loh, yg berharga.. Entah ilmunya, skillnya, adaptasinya..

    ReplyDelete
  20. Beta itu Beta Ahyani bukan, sih?
    Duh, gue baru mau cari magang nih. Semoga sukses deh. Kerja part time sering, sih, tapi gue rasa tetap beda sensasinya. Degdegan~

    ReplyDelete
  21. Duh, jadi keinget kerjanya ngelebihi karyawan tp ga ada gaji :D well, pengalaman sebagai ganti gaji :D

    ReplyDelete
  22. tapi dari kkta sendirinya juga ahrus amu banyak belajar, kebanyakan yanga ku lihat banyak ayng magang itu apatis kalau gak disuruh gak kerja, gak ada inisiatif mau tahu. Untuk bisa menagmbil manfaatnya harus kita aktif dari mulai banyak bertanya , cepat mebantu kerja pembimbing

    ReplyDelete
  23. Gua kemarin dapat tempat magangnya yang kurang asik pas kuliah. Ya dapet temen baru sih, cuma pengalaman kerjanya kurang banget. Ya, setidaknya bisa dimasukin dalam CV, Hahaha

    ReplyDelete
  24. Saya gak magang langsung kerja

    ReplyDelete
  25. Magang itu harus dicoba at least sekali dalam hidup. Serius, banyak banget yang bisa dipelajari. Punya part-time job juga recommended kalau udah kuliah.

    ReplyDelete
  26. Dulu waktu saya masih kuliah semester akhir, pingin banget magang di Chevron. Tapi gak kesampaian.

    ReplyDelete
  27. aaa... beberapa semester lagi saya sebentar lagi akan magang dan bakal merasakan hal-hal diatas

    ReplyDelete

Eitsss jangan buru-buru amat. Tinggalin jejak dulu disini! Buat penyemangat yang nulis~

Absurd di Twitter

About Blog

www.adifebrian.com adalah personal blog dari Adi Febrian seorang pelajar dengan hal-hal random yang di tulis di blog nya yang dia sebut sebagai digital diary's Selengkapnya

Fanspage