Tuesday, 21 June 2016

Ngobrol Asik bareng Hadi Kurniawan

Kalau ngomongin hal baru, pasti kita semua membutuhkan hal itu. Karna gak mungkin aja kalau kita selalu melakukan hal yang sama setiap waktunya. Yang ada ujung-ujungnya kita bakal bosan dan meninggalkan sesuatu itu. Oleh karena itu, kita harus menciptakan sebuah inovasi baru untuk membuat sesuatu itu lebih fresh dan membuat kita tambah semangat dalam mengerjakannya.


Mungkin itu yang sedang gue lakukan di blog ini. Gue melakukan inovasi dengan menambahkan artikel dengan tema Review untuk Film,Musik, dan buku. Dan inovasi yang gue sangat antusiasi adalah Artikel dengan tema Ngobrol Asik. Di Artikel Ngobrol Asik, gue bakal ngobrol dengan orang pilihan-pilihan yang tentunya banyak pelajaran yang kita dapat dari Narasumber.



Nah kali ini pertama kalinya gue bakal tulis tentang Ngobrol Asik dengan salah satu penulis muda. Yang mana di bukunya itu berkisahkan tentang kegalauan tentang sebuat hubungan jarak jauh. Yap! Penulis tersebut adalah Hadi Kurniawan. Nah langsung aja deh kita kepoin penulis ini  . . . .



sumber foto : Facebook/ Hadi Kurniawan


Hallo Bang Hadi, Gimana nih Kabarnya nih??

Saya baik, km ?

Baik bang. Sejak kapan nih bang hadi gemar menulis??

2012 an lah. Dulu ada grup di FB. Saya nyebutnya sekolah menulis online. Nah sejak itu saya suka nulis-nulis

Oh gara-gara ikutan grup toh. Biasanya menulis itu butuh waktu berapa lama buat bang Hadi?

Tergantung mau nulis apa dulu. Untuk fiksi mini sekali duduk juga bisa kelar. Apalagi nulis status, makin cepat lagi. Kalau cerpen bisa semingguan. Novel bisa menahun dan gak kelar-kelar. Tergantung dari semangat saya saja. Moody mah gitu.

Ternyata orangnnya moody’an ya hehehe . . . .

Iya moody’an akut. Gak bagus ditiru sih ini. Jadi jangan bilang siapa-siapa ya..

Siap. Ngomongin buku pertama nih. Dari judulnya unik banget nih. Dapat Inspirasi dari mana bang?

Inspirasi judul dari temen. Awalnya LDR biasa (Long Distance Relationship). Terus pihak penerbit mintanya Long Distance Relationsh*tttt

Nah waktu itu kebetulan lagi ngobrol sama temen. Maka tercetuslah Long Distance Relationsick. Penerbit menerima, Cetak. Yaudah jadi judul itu yang dipakai.

Wih panjang juga ya cerita buat nentukan judul bukunya . Nah, kalau buku Relationsick itu berapa lama waktu buat jadi ?

Nulis draft pertama dua bulan. Sama ngedit sampai terbit sekitar setengah tahun.

Perjuangan juga ya. Ada rencana lagi gak bang buat bikin buku lagi?

Niatnya sih selalu ada. Ya semoga niat baik selalu dimudahkan ya. Eh, kalau kamu gak pengen nulis juga?

Pengennn banget bang. Tapi, bingung tema yang ditulis apa. Ada tips bang buat cari inspirasi tema menulis?

Cinta cintaan aja. Gak bakalan abis ko
Oke serius, Tulis yang ada di kepala kamu aja kalau tips dari saya sih, Selain gak perlu morsirin otak buat mikir. Semua yang ada di kepalakan biasanya udah kamu kuasai

Ohh.. Banyak sih bang yang ingin tulis di kepala. Oke nanti saya praktekkan.
Pertanyaan terakhir nih, Buat bang Hadi apa sih enaknya jadi Penulis ?

Ya enak. Bisa ngebully teman via tulisan. Terus kalau ketahuan lagu curcol (Curhat colongan) bisa beralasan kalau cuma fiksi. Dan . . . Cuma jadi penulis yang bisa kerja kapan aja. Gada tekanan juga. Enak banget kan?

Haha Enak banget bang. Bisa ngebully gitu tapi jadi Karya. Terima kasih bang hadi buat jawabannya. Ciao!

Sama-sama ya...




Ternyata Hadi Kurniawan sudah gemar menulis dengan menggunakan dunia maya sebagai sekolahnya. Nah kalau Hadi aja memanfaatkan dunia maya untuk hal positif, sehingga dia bisa membuat karya melalui buku nya. Kita seharusnya juga bisa memanfaatkan dunia maya lebih baik lagi.

Dan buat kalian yang susah cari inspirasi menulis buku atau hal sederhana yaitu update blog. Gali aja ide yang di kepalamu. Kalau ngutip kata Bang Hadi tadi dan gue tambahin dikit “Niat yang baik pasti ada jalannya” . Yuk semangat terus!


27 comments:

  1. "Terus kalau ketahuan lagi curcol (Curhat colongan) bisa beralasan kalau cuma fiksi." Aku ngakak pas bagian itu. Menulis bisa dipake buat ngeles ya :D

    Yuhuuuuu. Inovasi yang keren dan berani, Feb. Bisa ngajak ngobrol penulis kondang dan kocak. Ntar giliran kembarannya Bang Hadi kapan nih? Itu, Bang Haris. Huahahaha.

    *lalu digampar Febri*

    *ini Icha maunya aneh-aneh*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaa doain deh gue mau ngajak bang harris juga. btw km juga chaa. minta kontakmu dungg

      Delete
    2. Nice try anak muda... Nice try. Hahahaha...

      Delete
  2. Jadi kapan nih ente bikin buku juga ?

    ReplyDelete
  3. Jadi penulis, jadi blogger itu memang asik. Salam blogger!

    ReplyDelete
  4. Yap, setuju jadi penulis itu enak sih. Meskipun ada gak enaknya juga.
    Selagi niat mah, pasti banyak jalan sih buat menyelesaikan sebuah tulisan.
    Jadi mau cepat-cepat menerbitkan buku jadinya~

    ReplyDelete
  5. asik kak hadi ya, mau dong ya diajarin buat nulis buku relationsicknya :3

    ReplyDelete
  6. asik kak hadi ya, mau dong ya diajarin buat nulis buku relationsicknya :3

    ReplyDelete
  7. Hahahaha ngeles aja, nyalahin ke fiksi. Tapi emang rata-rata gitu sih *ngerasain
    Keren nih udah nerbitin buku. Harus tambah semangat nulisnya.
    Ngobrol-ngobrolnya kurang panjang nih. Padhal bisa dikorek informasi yang lebih mendalam lagi.
    Nice post :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha nanti ngobrol ulang sama bang Hadi hehe

      Delete
  8. Apasih enaknya jadi penulis

    ahh gue setuju banget sama jawabannya bisa ngebully seorang dengan seenak udel kita trus tinggal bilang fiksiii...benr bangeeettt hahah pengalaman gue sih gini biasanya

    ReplyDelete
  9. Wahh inovasi yang keren sekali ini bro buat blognya. Rubrik review itu pasti dibutuhkan beberapa orang buat cari referensi. Lalu rubrik ngobrol asik ini kayaknya juga bakalan seru banget, mau dong dijadiin narasumber selanjutnya nanti hehe.

    aku pernah beberapa kali nemuin bukunya bang HAdi ini di gramedia. ternyata minat menulisnya dulu berawal dari kelas menulis online yaa hehe. Lumayan lah baca ngobrol asik diatas jadi bisa bikin semakin semangat lagi buat nulis.

    semoga rubrik barunya ini kedepannya nanti bisa berjalan konsisten yaa. oh iya, sekali lagi, jangan lupa ya kalau butuhin narasumber selanjutnya, aku siap kok hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminn . ini doa yang gue perluin banget hehe. thanks zaa

      Delete
  10. Menginspirasi nih hadi, bagus juga idenya hehehe

    ReplyDelete
  11. Haha. Bang Hadi ini adalah salah satu blogger dengan tulisannya yg unik-unik selalu, ia membahas tulisannya dari sudut pandangnya yang kocak. Hmm betul juga, nulis gak perlu banyak mikir, apa yang ada di kepala tulis aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoii. Pemikiran beliau absurd terkadang. Mungkin dari itu dia bisa cari inspirasi dengan cepat hehe

      Delete
  12. aku kadang kalau buat cerpen dan lagi curcor, trus ktahuan, jg aku blang fiksi. haha! #GaDaYgNanya

    ReplyDelete
  13. Bikin ngakak yg curcol cuma fiksi :D bagus juga defence-nya y kepikiran gitu :)))

    ReplyDelete

Eitsss jangan buru-buru amat. Tinggalin jejak dulu disini! Buat penyemangat yang nulis~

Absurd di Twitter

About Blog

www.adifebrian.com adalah personal blog dari Adi Febrian seorang pelajar dengan hal-hal random yang di tulis di blog nya yang dia sebut sebagai digital diary's Selengkapnya

Fanspage