Saturday, 4 June 2016

Hal yang kita lakukan di Bulan Ramadhan

Selamat bulan Juni dan Selamat menyambut indahnya bulan Ramadhan!

Gue mau cerita sedikit tentang sebentar lagi kita yang bakal menyambut bulan Ramadhan. Kalau ngomongin Ramadhan, setiap orang kayaknya punya cerita dengan versi masing-masing. Tapi, yang paling nampak datangnya di bulan Ramadhan, biasanya bakal muncul iklan marjan dan kata Dara Prayoga biasanya bulan Ramadhan bakal ada temen yang bilang “Eh, Gak kerasa ya udah Ramadhan lagi, perasaan baru besok deh” . Itu bener bangett


Persiapan gue sih buat nyambut bulan Ramadhan ini dengan melakukan hal sederhana , rencananya mau ngambil nomor antrian ke rumah mantan. Iyaa.. harus ngambil nomor dulu buat \ rumahnya biar bisa berkunjung waktu open house di rumahnya entar.

Selain kegiatan gue yang aneh banyak lagi hal yang kita lakukan di setiap datangnya bulan Ramadhan. Di semua hal itu, gue mau bahas 3 hal tentang yang paling sering kita lakukan di bulan Ramadhan. Marii~




1   1.      Buka Bersama

Hal pertama yang sering kita lakukan di bulan Ramadhan adalah Buka Bersama atau BukBer. Acara BukBer ini biasanya sudah kita rencanakan sebelum datangnya bulan Ramadhan atau di bulan Ramadhannya. Acara BukBer biasanya menjadi ajang reuni dengan teman-teman lama kita, setelah lama gak ketemu. Enaknya BukBer adalah kita bisa kumpul-kumpul kembali sama teman atau BukBer dengan keluarga besar. Bisa berbagi cerita dengan mereka yang belum tentu bisa di bulan lainnya.

Selain Buka Bersama bareng teman atau keluarga besar, kita bisa juga BukBer dengan tetangga atau orang-orang yang dekat tempat tinggal kita. Biasanya acara BukBer di lakukan di Mesjid atau di salah satu rumah tetangga. Keuntungan buka di Mesjid atau rumah tetangga adalah GRATIS...TIS...S , jadi buat kamu yang anak kost atau yang lagi pengen hemat gara-gara uangnya mau dipakai beli baju hari raya buat mantan, jangan sampai ngelewatin acara BukBer satu ini. #Hesteg #Tips

2   2.    Liat foto-foto Makanan

Ada juga hal yang seharusnya kita lakukan di bulan Ramadhan tapi berdampak negatif. Yaitu, Liat foto-foto makanan ketika lagi jam puasa. Padahal udah tau salah ya liat foto makanan ketika puasa. Tapi, masih aja di lakukan. Dengan alasan yang bermacam. Kayak, berencana ketika buka nanti mau makan ini, mau minum itu. Padahal liat foto makanan ketika jam puasa malah bikin ngiler sendiri.

Ada juga yang suka majang foto-foto makanan yang enak-enak ketika jam puasa. Biasanya di lakukan sama teman-teman sendiri yang kamprit . Ngeselin sih ketika liat teman gitu. Berasa pengen manggang si teman. Makanya yang lagi puasa, Jangan liatin foto-foto makanan ketika jam puasa. Apalagi liat teh es dan martabak manis rasa keju campur coklat


3   3.     Ngabuburit

Kalian tau kegiatan atau jalan-jalan sembari menunggu waktunya bedug? Yoii.. Ngabuburit.
Gak lengkap kayaknya dalam Ramadhan kita gak ngabuburit sesekali. Kegiatan ngabuburit ini variasi banget. Ada yang ngabuburit jalan-jalan keliling kota, Ada yang ngebuburit beli takjil buat berbuka puasa, atau ngabuburit jalan sama selingkuh.  Oke, yang terakhir itu salah

Di kota gue, Banjarmasin. Ada namanya Pasar Wadai (pasar kue). Di Pasar Wadai, Kalian bakal menemui banyak banget kue-kue dengan variasi bentuk dan warna yang tentunya menggugah selera buat takjil. Kalau kalian ke Banjarmasin ketika bulan Ramadhan, jangan sampai gak kesini. Nanti gue ajak deh.

Kegiatan Ngabuburi emang asyik banget ketika bulan Ramadhan. tapi inget Ngabuburit nya tetap yang positif. Biar ibadah kita nambah 




Itu hal-hal umum yang paling sering kita lakukan ketika di bulan Ramadhan. Yang terpenting di bulan Ramadhan ini, kita lebih bersyukur karena dapat bertemu dengan bulan yang penuh berkah ini. Dengan cara meningkat ibadah kita. Selamat menjalankan ibadah puasa semua~ 


47 comments:

  1. Tapi ngabuburit yang paling mantep mah: Nonton gosip Saipul Jamil :)

    Salam kenal ya cees.
    http://agia-aprilian.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. Kalo aku mah, hal pertama yang dilakukan di bulan puasa itu Sahur, buka puasanya terakhir heheu xD
    Liat foto makanan itu mah sering banget, kadang gak sengaja liat karena ada temen iseng yang suka upload foto makanan di sosmed, kadang sengaja karna... ya begitulah. Hahah

    Ramadhan Mubarak, Selamat menjalankan ibadah puasa juga \:D/

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gue mah sholat tarawih dulu :p

      Delete
  3. Bulan Ramadhan itu bulan yang membawa berkah lah pokoknya..
    Buka bersama emang selalu jadi ajang buat reunian..
    minggu pertama sama keluarga, minggu pertama sama temen SD, minggu ketiga sama temen SMP, terakhir sama temen SMA..
    udah terjadwal dengan rapi lah pokoknya kalau masalah bukber..
    saya nambahin 1 lagi ya, kuliah subuh juga.. kalau bulan Ramadhan pasti waktu Subuh masjid juga rame banget.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betull. entah kenapa gue excited banget buat ikut kuliah subuh berasa semangat terus bawaannyaa..

      Delete
  4. Jadwal bukber udah ada dari sebelum puasa. Alumni SMP bro. Wah... tapi kayaknya gue gak ikut deh, hehe..

    Klo ngabuburit cuma sekedarnya aja deh, gak selalu kok.

    ReplyDelete
  5. Hal yang kita lakukan di bulan Ramadhan udah pasti sahur sama buka dong, kalau nggak melakukan itu artinya dia nggak puasa. Googling siapa Dara Prayoga, eh rupanya dia selebtwit. Aku kurang gawl masalah begituan.

    Kampret tuh pas scroll timeline eh ada yang retweet foto makanan, tapi yang sabar aja. Masa lihat gambar makanan aja tergoda, betapa lemahnya imanmu nak -> ngomong sama diri sendiri.

    Selamat menjalankan ibadah puasa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe Dara Prayoga aslinya penulis ..

      Delete
  6. Marhaban Ya Ramadhan :) Maafin gue ya :)

    Iklan marjan tak henti-hentinya untuk membuat iklan yang selalu menarik di tiap-tiap ramadhan. Ada saja ide menarik untuk membuat iklan. Goodjob marjan *mana tau kan marjan nge-email gue buat ngeendorse produk mereka di blog gue*

    Kalo gue ngabuburitnya cukup duduk manis di depan pc kesayangan aja sih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngabuburit paling uenakk dan gak merepotkan dah haha

      Delete
  7. aku pas baca paragraf pertama rasanya kaya dibentak-bentak. :(
    Baper amat gue elah.

    Marhaban Yaa Ramadhaan~

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang aku bentak2 kamu dibah hahaha

      Delete
  8. yang dilakuin di bulan ramadhan itu sahur, puasa, berbuka, terus teraweh, gitu di yang aku lakuin.
    kalau aku sih ngerasa puasa kali ini agak beda, soalnya ini pertama kalinya ngerasain puasa sambil kerja, jadi berasa wah pas jam pulang kantor lebih cepet dari biasanya, tiap pulang kantor ngeliatin orang jualan ta'jil, g tau kenapa seneng banget, padahal aku g beli, hahahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha pipit mah jawabannya logis bener.
      emang enak jam kerjanya jadi kurang hehe

      Delete
  9. hal yg pling sering dilakukan : berburu takjil :'v dan main petasan, kalo bukber sudah biasa sih... klo jam pulang kampus, banyak anak jualan :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. beuh kalau di Banjarmasin mah tempat paling cocok berburu takjil di Pasar Wadai hehe

      Delete
  10. hal yg pling sering dilakukan : berburu takjil :'v dan main petasan, kalo bukber sudah biasa sih... klo jam pulang kampus, banyak anak jualan :v

    ReplyDelete
  11. Hal yang sering aku lakukan di bulan puasa adalah tidur. Tahun kemaren puasanya pas liburan sekolah, dan akhirnya ngabuburitnya diisi dengan tidur. Kalo tahun kemaren sering bukber, tahun ini malah jarang bukber. Soalnya udah pindah kota. Dan paling bukbernya bareng tetangga kos. #AnakKosCurhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. ciee anak perantauan cerita nya nih..

      Delete
  12. iyee....... sebulan sebelum puasa aja kami udah rame mau ngerencanain dan bikin jadwal buber.

    ngeliat poto makanan adalah hal yang membuat puasa sepertii tidak khusyuk, halaahh.....!! nelen liur mulu hahahaa

    ngabuburit.. itu yang paling dikangenin waktu ramadhan........ hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama rum. Mungkin karna Ngabuburit ciri khas bulan Ramadhan yaaa

      Delete
  13. dapet undangan bukber udah dari sebelum mulai puasa. makin banyak temen, makin banyak undangannya. Apalagi kalo udah lumayan berumur :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. makin tua makin banyak temen ya jog? hehe

      Delete
  14. Welcome Ramadhan! Eh, udah datang juga sih ya? Hahaha.
    Nah, setuju pisan alias banget kalau bukber tuh ngebooming ketika bulan puasa.
    Jadwal setiap hari mungkin bisa saja padet oleh bukber sedari tk ampe kuliah hahaha.

    Duh, ngabuburit itu asik sih. Serasa kayak mau lupa kalau itu lagi puasa yang sedang di ujung tanduknya.
    Jadi bawaannya maunya ngelakuin hal hal yang seru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal rencana bukbernya gak jadi wacana aja di hehe

      Delete
  15. Eaak bukan cuma sobat muslim aja yang bisa ngabuburit, kan itu buat semua orang. Dan gue biasanya jalan-jalan atau jogging ria di taman kota. Kadang kalau gue keausan, gue bakalan nyari tempat kosong untuk minum air. Haha supaya sobat yang lagi puasa engga terganggu hehe. Buka bareng itu seolah wajib tiap tahun bagi teman-teman alumni. Beberapa tahun belakangan ini, gue selalu ikut bukber bareng teman-teman lainnya.

    Bedanya, beberapa jam sebelum bukber, gue sering makan dulu dirumah, biar pas makan gak terlalu lapar kali~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoii. Ngabuburit mah buat semua orang hehe

      Delete
  16. Wkwkwk BukBer sih tetep yang paling hits wkwkw :D bahkan ini puasa baru berjalan beberapa hari aja, temen-temen kampusku udah pada ribut sendiri nentuin tanggal buat BukBer wkwkw :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkk asik tuh. asal jangan jadi wacana doang sih..

      Delete
  17. Haha, iya foto makanan yg sedap-sedap jadi ngiler pas puasa ya. Wkwk.. Kadang ada yang begitu. Kadang juga itu postingan malem, karena dikomen-komen, jadi ke angkat lagi. Wkwkw... jadi baper eh laper ... xixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha. godaan nya kuat banget ya vin..

      Delete
  18. puasa tahun ini makin asik tuh buat penggila bola, karena sahurnya ditemenin sama tontonan piala eropa 2016. selain aktifitas-aktifitas khas ramada seperti biasanya, acara-acara di televisi juga akan dihiasi oleh kuis-kuis dan semacamnya yang berbau ramadan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju banget. Jadwal pertandingannya sesuai habis tarawih dan sahur hehe

      Delete
  19. Yang nomer satu itu yang paling gue demen, bukber bareng temen-temen, tapi biasanya dari 10 rencana bukber cuma 2 yang terealisasi, huhuhu... Prinsip gue kalo bukber jangan tanya kapan dan dimana, tapi tanyalah siapa yang akan membayarnya, muahaha :v #MentalAnakKost #BanciGratisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha sering banget rencana bukber cuman buat jadi wacana hehe

      Delete
  20. Laaah, gue pikir poinnya banyak ternyatacman 3 doang, padahal banyak lo yang bisa kita lakukan atau biasa dilakukan di bulan Ramadhan, yaitu : Taraweh bareng, pengajian, tadarus di masjid, dan isi buku Ramadhan. hehehe..tapi itu dulu sih, sekarang mah adanya liat iat foto foto makanan ya biar makin ngilerr...but anyway, Happy Fasting!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau nambahin nih pointnya mey?? hehe

      Delete
  21. Lihat makanan di siang hari rasanya pengin gigit HP 😄

    ReplyDelete
  22. Kalau saya nggak melakukan semua yg diatas itu, saya nyiapin meriam bambu nanti diadu kenceng2an terus ngeluarin alat2 tongklek (musik patrol khas Tuban).

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh di kampung gue di Kalimantan Selatan gitu juga din haha. Asik banget main itu

      Delete
  23. Masih kada ngeh lawan part "harus meambil nomor, antrian gasan masuk rumah mantan" :|

    ReplyDelete
  24. Hayoo salah satu poin yang kurang adalah.... TIDUR. :D

    Ah, tapi ane susah tidur, bukan karena apa, tetapi karena tugas yang banyak. Padahal udah gak jadi mahasiswa lagi. :'D Alhamdulillah, tetep ada yang dikerjakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha. emang susah tidur heng mun banyak gawian tuh hehe

      Delete

Eitsss jangan buru-buru amat. Tinggalin jejak dulu disini! Buat penyemangat yang nulis~

Absurd di Twitter

About Blog

www.adifebrian.com adalah personal blog dari Adi Febrian seorang pelajar dengan hal-hal random yang di tulis di blog nya yang dia sebut sebagai digital diary's Selengkapnya

Fanspage