Tuesday, 28 June 2016

Cara agar kamu tidak tergesa-gesa

Gue mau cerita sedikit tentang beberapa hari lalu yang menurut gue agak kacau. Atau lebih tepatnya gue sendiri yang bikin hari itu jadi kacau sekacau-kacaunya.


Sebelumnya, gue mau tanya sama kalian dulu. Pernah gak merasa tergesa-gesa mengerjakan sesuatu? Gimana rasanya?


Beberapa hari yang lalu, gue agak banyak kerjaan dengan deadline yang lumayan masih bisa dibilang santai. Saking santainya bisa stalking mantan yang sedang nge-post foto makan bareng pacar barunya (BOOM). Gue merasa senang karena banyak kerjaan ini. Ya..kalian tau sendiri kan ya, Orang yang habis lulus sekolah, terus nunggu pengumuman masuk kuliah itu bisa dibilang Pengangguran stadium 4. Oleh karena itu gue happy aja diberi kerjaan.


Tapi disini letak kesalahan gue, Karena deadline yang diberikan agak panjang, jadi gue banyak santainya atau lebih tepatnya gue gak kerjain satupun kerjaannya -___-  Gue baru sadar kalau tugas yang diberikan lumayan berat dan banyak. Ketika deadline tinggal beberapa hari. Gue langsung panik, dibuat pusing sendiri karna waktu tersedia tinggal sedikit. Kerjakan sesuatu jadi tergesa-gesa, Mau kesuatu tempat jadi tergesa-gesa. Kalian tau sendiri kan, apapun yang kita kerjakan dengan tergesa-gesa pasti hal tersebut ada kurangnya atau ada hal penting yang terlewatkan.




Nah sejak itu gue baru sadar, kalau tergesa-gesa itu kayak sebuah virus yang datang kalau kita sedang diwaktu sempit. Sama kayak virus penyakit yang datang kalau badan kita sedang lemah. Buat kalian yang gak mau kena virus tergesa-gesa. Gue bakal kasih tips agar kita tidak terserang virus tergesa-gesa. Mariii~

1   1.     Management waktu dengan baik

Penyebab utama dari kita yang terkena virus tergesa-gesa adalah Management waktu yang kurang baik. Seperti yang gue bilang sebelumnya, kalau kita kena virus tergesa-gesa ini, Kita bakal buru-buru mau ke suatu tempat dan jadi pusing sendiri karna waktu yang tersedia sangat sempit.

(baca juga : virus malas )

Biasanya, management waktu yang kurang baik ini gara-gara kita sendiri yang lalai dengan kesan “masih banyak waktu, nanti aja dikerjakan deh”.  Kalau sampai kayak gini, dijamin deh kita bakal kena virus tergesa-gesa. Jadi, cara pertama untuk menghindari virus tergesa-gesa adalah Managemen waktu dengan baik. Walaupun waktu deadline agak lama, coba deh cicil satu per-satu kerjaanya. Karna bisa aja ketika waktu deadline datang, kita malah ada kerjaan lain juga yang mesti dikerjakan saat itu juga. Nah jadi cicil deh kerjaan satu per-satu, biar ketika waktu deadline tiba, kita bisa santai bukannya kena virus tergesa-gesa.

2    2.     Perhitungkan Jarak Deadline

Selain Management waktu dengan baik, Menurut gue kita harus perhitungkan jarak deadline. Alasannya, karena kalau kita sudah memperhitungkan jarak deadline, kita bakal tau apa mesti kita kerjakan dahulu dan kerjaan mana yang masih bisa dicicil.

Atau kalau kita yang sedang ingin bepergian kesuatu tempat, kita mesti memperhitungkan jarak berangkat kita sampai ketujuan. Ngambil dari pengalaman gue yang tergesa-gesa. Ketika itu gue malah santai main game padahal setengah jam lagi bakal jalan. Alhasil, ketika sudah mau berangkat. Gue malah tergesa-gesa, marah-marah sendiri karena ada aja yang ketinggalan. Bahkan yang bahayanya gue bisa ngebut dijalan. Yang dimana ketika dijalan ada aja macam-macam yang gak enak. 
Nah buat yang gak mau kena virus tergesa-gesa , coba deh perhitungkan jarak deadline nya.

3    3.    Teliti

And this last point buat gak kena virus tergesa-gesa yaitu TELITI. Gue sering banget ngabaikan hal ini. Menurut gue teliti itu sangat sangat sangat penting.
Gue mau cerita sedikit pengalaman gue yang gak teliti banget. Jadi waktu pendaftaran SBMPTN kemaren, ada persyaratan untuk membayarkan uang lewat atm atau Bank untuk ikut tes. Gue langsung bayar bareng teman gue yang ikut tes juga. Setelah sampai di Bank dan sudah tiba diteller untuk bayar pendaftaran, gue malah LUPA BAWA DOMPET. Kamprit abisss!!! Untung mbak teller nya maklumin aja. Terus cantik lagi mbaknya.

Setelah kejadian kamprit itu, gue coba cek dimana salahnya gue sampai-sampai lupa bawa dompet -____- dan gak salah lagi guenya gak TELITI.  Penyebab gue gak teliti karna terkena virus tergesa-gesa . Coba aja gue lebih tenang dan teliti gak bakalan gue disenyumin mbak teller cantik tadi. Gak masalah gak bawa dompetnya sih, tapi ke malu nya itu yang kamprit moment itu looo -____-

Buat kalian yang lagi tergesa-gesa. Coba deh bawa tenang dulu, biar teliti. Jangan sampai kayak pengalaman gue tadi.



Nah itu cara agar kita terhindar dari namanya virus tergesa-gesa. Menurut gue kena virus tergesa-gesa gak menguntungkan sama sekali. Oleh karna itu, gue coba menghindari virus ini. Karena dari terhindar dari tergesa-gesa banyak manfaat yang kita dapat. Itu aja yang gue beri tentang cara menghindari tergesa-gesa. Ciao!












32 comments:

  1. aku ga suka tergesa-gesa.
    tapi kadang klien maunya selesai cepat.
    jadi aku terkadang tergesa-gesa.

    ReplyDelete
  2. gw kadang suka tergesa2 nih ujungnya2 jadi the powe of kepepet :D hahahay
    tapi boleh ni tips nya biar gak tergesa2 lg :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. the power of kepepet jangan jadi kebiasaan. Nulis di blog aja yang jadi kebiasaan #WejanganByAdi

      Delete
  3. tergesa-gesa memang banyak mengundang negatifnya. aku juga lagi belajar ngurangin sifat tergesa-gesa baik dikantor maupun dikuliahan. yang paling suka bikin nyesel saat ngerjain tugas dilakukan dengan tergesa-gesa atau asal asalan, well. hasilnya nilainya gak memuaskan *pengalaman* wkwk. btw. salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan di undang lagi negatifnya. Undang gue aja tya #modus

      Salam kenal jugaa..

      Delete
  4. Pengalaman tergesa-gesa gue hmpir kebanyakan karna terlalu santai dgn deadline yg panjang. So, jgn terbuai dgn deadline yg terlalu lama hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan jangan terbuai dengan masa lalu #apaansih

      Delete
  5. Biasanya tergesa gesa terjadi kalau ada kegiatan yang penting dan harus segera selesai dalam waktu 1 hari, waduh itu rasanya nyiksa banget tau. Tapi okeh juga nih tipsnya boleh juga nih.

    ReplyDelete
  6. Ya.. aku sering sih, bukan karena kurang manajemen waktu. Tapi lebih sering kelamaan mikir. -_-

    Segala sesuatu yang tergesa gesa itu pasti kurang maksimal.. ckckk

    ReplyDelete
    Replies
    1. si Arum ini tipe pemikir kayaknya..

      Delete
  7. sering banget nih tergesa-gesa.
    kasih tambahan boleh ya, kasih skala prioritas, mana dulu yang mau dikerjain, bikin makalah atau stalking.

    tapi gimana ya kalao nga mepet deadline otak nga jalan. eheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasian atuh kalau otak disuruh jalan :(

      Delete
  8. Gue paling sering ngerasain hal ini. Tugas yang udah dikasih waktu 1 minggu, tetep aja dikerjain H- beberapa jam. Atau waktu itu nembak cewek, karena terkena virus tergesa-gesa gue lgsg minta dia jawab 3 detik setelah gue nembak. Akhirnya.. lu tau sendiri yang gue dapet apa.
    Tapi kalo soal tugas, mau gimanapun gue pasti tetep ngerjain deket deadline. Soalnya kadang ada the power of kepepet kalo ngerjainnya deket-deket deadline, tapi penuh resiko hahhaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dapet apaaa??? gue gak tauuu. Ayo beritauu kamuu kyy beritauuu

      Delete
  9. Tapi kadanf the power of deadline bakal menolong semuanya muehehe.

    Gue termasuk org yg suka perhitungin jarak deadline misalnya ada tugas, tapi sebaik2nya rencana, tetep aja kadang H min berapa baru dikerjain wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rencana tanpa action mah kayak ngajakin teman bukber tapi gak inisiatif buat datangnya_-

      Delete
  10. Ah, aku juga sering banget nih tergesa-gesa ketika ngerjain tugas. itu semua gara-gara menganggap remeh dan terlalu santai aja, makanya ketika hampir deadline paasti langsung kelabakan semua hehe.

    tapi ketiga poin diatas memang ampuh banget supaya kita nggak tergesa-gesa lagi. management waktu itu yang paling penting, karen kalau kita tidak bisa menggunakan waktu dengan baik yaa otomatis pasti tugas berantakan semua.

    ReplyDelete
  11. Mungkin tergesa-gesa itu jadi bagian dari hidup gue yang emang banyak banget ricuh nya :D

    Btw, nama tellernya siapa ya ? tolong balik ke bank nya tanyain dong sob wkwkwk =))

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagian hidup elu itu tawuran ya?? ko sering ricuh

      Delete
  12. Aku juga suka nih yang tergesa-gesa gitu. Apalagi kalo ngerjain tugas. Sering banget milih mepet deadline biar seru ngerjainnya. Sungguh tidak boleh ditiru banget. Tapi asik lho kalo ngerjain mepet-mepet gitu, sensasi deg-degan karena mepet dan halangan lain itu lho. Kadang juga dapet hal-hal yang tidak terduga kalo ngerjainnya mepet deadline.

    Tapi tetep aja itu nggak baik. Mending dikerjakan jauh-jauh sebelum deadline. Nah tips ini berguna banget buat yang mau terlepa dari ketergesa-gesaan.

    ReplyDelete
  13. oke, jadi dari pengalaman ppribadi terus jadi bisa buat pelajaran hidup dan dibagikan ke orang lain ya boyy..bagus gue juga setuju sama poin poin lo di atas..cuman emang manusia suka kayak begitu ya...dikasih kelonggaran jadi berasa di atas angin. giliran deadline mepet baru deh kelimpungan. hmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bagus gak dari pengalaman pribadi. Udah kayak catatan si boy gak??

      Delete
  14. segala sestau yg tergesa-gesa itu gak menyenangkan ya, lebih enak dikerjakan dg santai dan kita bisa memperbaiki hal-hal yang sepele tp penting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoii. kayak elo nulis ini yang tergesa-gesa jadi menyenangkan

      Delete
  15. Aku banget nih. Aku orangnya deadliner banget. Kalo ada apa-apa seringnya ngerjain mepet deadline. Jadinya ya gitu, deh. Sebelum baca ini, udah pernah nyoba semua. Tapi, hanya sampai pada niatan. Sebel sih sama diri sendiri. :(
    Tapi gak boleh nyerah memperbaiki diri. Hiyaaak!

    ReplyDelete
  16. bener nih tips nya sayangnya aku ga ngelakuinnya dulu. pas kuliah kemarin aku juga salah satu penganut SKS alias sistem kebut semalam -_- emang ga baik, hasil juga ga maksimal.

    ReplyDelete
  17. Ih bener banget tuh, sharingnya keren kebetulan gue orang yang agalk tergesa2 hehe

    ReplyDelete

Eitsss jangan buru-buru amat. Tinggalin jejak dulu disini! Buat penyemangat yang nulis~

Absurd di Twitter

About Blog

www.adifebrian.com adalah personal blog dari Adi Febrian seorang pelajar dengan hal-hal random yang di tulis di blog nya yang dia sebut sebagai digital diary's Selengkapnya

Fanspage