Thursday, 26 May 2016

Untuk Kamu yang Susah Tidur~

Setelah pengumuman kelulusan sudah keluar, dan syukur hasilnya lulus dan gue mau ngucapin terima kasih semua atas doanya. Setelah moment penantian panjang itu, Gue sekarang mendapat jabatan sebagai pengangguran, dan gue makin gak lepas dengan namanya liburan panjang.

Sejak libur panjang menunggu hasil kelulusan kemaren. Waktu tidur gue berubah, yang seharusnya siang itu buat beraktifitas dan malamnya beristirahat. Tapi malam hari gue pakai buat begadang dengan alasan besoknya kan Libur.


Tapi, akibat keseringan begadang itu gak enak banget. Mata gue lebih seger dan bawaan nya mau ngelakuin sesuatu di malam hari dan siang hari badan gue lemes bawaannya pengen tiduran mulu. Gue merasa ada yang salah dengan pola kayak gini. Menurut gue , siang itu seharusnya kita jemput rezeki dan malam buat istirahat. Bukan sebaliknya
Sejak saat itu gue kena amnesia, iyaa syndrom yang kurang tidur itu kan ?... INSOMNIA diiii INSOMNIA. Nah iyaa ituu . . .

Menurut gue kena Insomnia itu gak ada enaknya sama sekali. Karna mau ngapain aja kalau sedang Insomnia itu gak efektif, Susah buat fokus. Parahnya lagi jam-jam malam itu rawan banget ingat masa lalu. Apalagi sama nama nya Mantan!

Nah, Sejak itu gue coba ubah pola hidup. Koreksi apa yang salah dengan mata gue yang lebih seger di malam hari ketimbang siang hari. Dan sini gue bakal tau tips menghindari Insomnia ala gue. Check these out!



     1.      Jangan Buka Smartphone

Syarat pertama buat kita gak terkena Insomnia adalah jangan buka Smartphone. Bukan..bukan ngelarang buka smartphone selamanya. Maksudnya kalau kita sudah mau tidur, jangan buka smartphone lagi. Kenapa Jangan ?? Karna ketika buka smartphone, terkadang kita bakal lupa waktu mainin nya. Bener gak?



Waktu gue kena Insomnia, gue sering buka smartphone dulu sebelum tidur. Tapi hal itu salah bener. Menurut gue, sebelum tidur ngecek smartphone malah bikin Insomnia menjadi parah. Bukannya bikin cepat tidur, tapi malah nambah pikiran dan akhirnya kita malah larut ngecek-ngecek timeline di media sosial. Dan akibat mantengin timeline media sosial bisa ketemu mantan lho di timeline. Parahnya, dia ngucapin pacar barunya “Selamat Malam” . Sedangkan kita malah baper-baper sendiri terus Insomnia deh. . .


Nah karna itu buat kalian yang kena Insomnia atau yang sedang menghindari Insomnia.  Jangan buka Smartphone ketika mau tidur. Masih ada hari esok ko buat buka smartphone ;)

2    2.     Kurangi Jam Tidur Siang

Ada yang pernah berasalan mau begadang gara-gara siangnya udah tidur gak?? Kalau kalian pernah, berarti kita sama *toss. 
Tidur siang itu emang baik, tapi kalau berlebihan itu malah gak baik. Contohnya aja kalau kita tidur siang 5 jam. Yaiyalah malam nya bakal susah tidur. Tidur siang udah kaya tidur malam itu namanya.
Nah buat yang gak mau kena Insomnia, jangan kelamaan buat tidur siang. Gue pernah baca artikel kalau tidur siang yang efektif itu paling lama adalah 30 menit. Bukannya ngelarang buat tidur siang, bahkan gue nyarankan juga buat tidur siang buat tambah produktif ketika bangun. Tapi inget tadi jangan kelamaan.

3   3.     Capelah di Siang Hari

Buat yang gak ada kegiatan di siang hari nya alias pengganguran (kayak gue) emang susah buat cari kegiatan yang bikin cape. Tapi, kalau kita ngulik-ngulik lebih dalam. Pasti kita ingat ada kerjaan yang mau kita kerjaan kalau ada waktu luang. Nah saat kayak gini, kita kerjakan kerjaan itu.

Buat yang udah kerja atau sekolah. Manfaatin banget tuh siang harinya buat produktif sama kerjaan. Karna di siang hari memang kita dituntut buat bekerja dan malam nya baru beristirahat. Capelah di Siang hari agar Malamnya tidak terkena Insomnia.



Nah itu tips menghindari Insomnia ala gue. Menurut gue, kena Insomnia itu gak enak sama sekali. Apalagi kalau kita kerjaan berat pagi di esok hari. Badan yang seharusnya istirahat malah kejaga. Dan menurut gue, tidur larut malam itu gak keren sama sekali. Yang keren itu tidur awal, bangun cepat. Gitu

Itu aja tips dari gue tentang menghindari Insomnia. Semoga tips nya berguna ;) 





sumber gambar : pinkycloud.com
sumber gambar  : giphy.com


44 comments:

  1. INSOMNIA DI.INSOMNIA.

    Yang meulah tebakan inya, yang njawab inya, yang bemamai inya jua -____-

    ReplyDelete
  2. untung gak pernah insomnia. anaknya jam 10 aja mata udah sepet bener. ;')

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren adibah,gue mau coba kaya gitu juga ;)

      Delete
  3. bener tuh, gue kalo cape banget, paling jam 7 udah tidur.
    nahh bener juga tuh, kalo mau tidur cepet jangan buka hape

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi dapat seratus dung, gara2 bener semua

      Delete
  4. Betul banget tuh tiga poin di atas. Jangan buka smartphone, tidur siang terlalu lama dan memaksimalkan fisik di siang hari.

    Kemudian rileks nih penting. Orang-orang yang terlalu banyak pikiran jarang bisa tidur nyenyak. Otaknya masih standby kan? jadi bakal susah untuk merasakan nikmatnya bantal empuk.

    Kebetulan aku bukan orang insomnia, tapi pernah sih baru tidur jam tiga atau jam empat subuh karena lagi sengaja baca . Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah betul harus rileks juga. eh serem amat baru tidur jam segitu -_-

      Delete
  5. Iyatuh, liat smartphone pas mau tdr malah bkin gabisa tidur. Setuju, setuju! Gue jg pernah gtu soalnya. Ujung2nya buka sosmed, stalking sosmed orang, udah dah. Pernah jg malah gue baca novel di hp padahal udah di tmpat tdr.

    Kalo tdr siang kelamaan emg akibatnya malem jd gak ngantuk sih. Tidur siang paling efektif 30 menit? Gue kalo tdr siang kalo blm 2 jam gak bisa bangun. Kdang prnah jg tdr jam stgh 2 bgnnya stgh 6 :') Malemnya seger ampe jam 2an lah palingan. Tdr siang paling bentar sejam gue. Haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya kebanyakan kehendak deh elu. padahal bisa baca novel besok harinya dan tidur siang itu, kalau emang cape jadi lama juga tidurnya hhe

      Delete
  6. Widih, baru selesai ujian juga? Sama dong! *tos

    sama-sama pengangguran dong kita xD

    Gue ada baca, sinar biru di layar smartphone itu bikin kita bakal terjaga selama 6 menit, jadi mungkin itu yang bikin kita jadi imsomnia kalau mau tidur ngecek hp mulu ._.

    terus yang tidur siang itu emang bener, 30 menit itu paling efektif, kalau kurang juga bagus asal jangan kelamaan. Soalnya dari yang gue baca, kalau tidur siang 30 menit atau kurang, kita bakal makin semangat tapi kalau lebih bahkan ampe berjam-jam, yang ada malah lemes habis bangun :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah rifqi kayaknya udah melakukan penelitian hehe

      Delete
  7. Gue termasuk orang yang ngerasain gimana begadang itu merusak waktu kita. Hidup kayak jadi gak teratur. Gue kebiasaan begadang bahkan sampe pukul 4. Tapi paginya tetep bangun jam 8. Berasa banget pas kerja gak semangat, bawaannya ngantuk, jadi gak produktif.

    Handphone emang jadi salah satu alasan gak bisa tidur cepet. Makanya sekarang gue kalo mau tidur Handphone ditaruh di meja, gak di kasur. Susahnya lagi gak ada handphone, gak ada alarm yg ngebangunin. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ubah rick kebiasaan begadang itu. mending tidur cepat bangun awal

      hp nya jangan jauh2 naruhnya, jadi ttep kebangun waktu alarm bunyi hhe

      Delete
  8. Ternyata kita sama, kalo besoknya libur malemnya begadang *toss

    Tips-tips yang bermanfaat bagi para phobia mantan, yang sering di hantui kenangan-kenangan bersama sang mantan di malam hari hahaha. Tapi kalo gue, justru produktifnya pas malem hari, di kesunyian malam biasanya ide-ide di luar nalar mengalir deras, sesuatu yang jarang gue dapet pas siang hari, diimbangi juga sama aktivitas siangnya biar kesehatan ga terganggu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jam org produktif emang beda-beda. tapi jgn smpai insom aja bas

      Delete
  9. Aku juga Mas bro. Aku adalah salah satu cowok yang aktif di malam hari, alias begadang. Yg paling penting biar gak begadang siangnya jangan tidur. Bener tuh yang siangnya harus capek, Kalo udah capek malemnya pasti tidur.

    ReplyDelete
  10. Badan cape, mata kayak panda, dan semuanya terasa males. Jadinya mager, yaa itulah yang akan dirasakan seorang begadangers

    Iya juga sih, keinget pas liburan seusai UN smp, liburnya lamaaa. Bosen, yang penting makan makanan yg cukup nutrisi aja bro

    ReplyDelete
  11. Sering banget insomnia gara-gara internet, niatnya mau tidur cepet tapi internet justru bikin jadi begadang semaleman hahah. Setuju sama semua poin diatas, jangan buka smartphone saat mau tidur, jangan kebanyakan tidur siang, dan perbanyak aktivitas di siang hari biar malemnya bisa terlelap karna kecapean hehehu

    Insomnia bikin kita gak fokus di pagi hari, susah berkonsentrasi, bawaannya pengen tidur terus. fiuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. insomnia bikin kita gak produktif ;)

      Delete
  12. terimakasih kak buat infonya.. ooo iya kak kalau ingin tahu tentang cara membuat website yukk disini saja.. terimakasih

    ReplyDelete
  13. Hhahahaha aku setuju banget deh sama tipsnya. kALAU susah tidur terus malah kita asik main smartphone, yaaah tetep aja makin susah tidur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hrhr jangan buka hp ya kalau mau tidur ;)

      Delete
  14. uoi, bener banget. kita sama bro. praktis setelah pengumuman kelulusan, waktu tidur berubah karena siangnya nggak ada aktifitas berarti. malem jadi pagi, pagi jadi malem. kalau gue sih nikmatin aja tragedi insomnia liburan ini, karena waktu gue udah masuk kuliah nanti.. gue bakal merindukan saat2 insomnia kayak gini :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik katanya kalau kuliah lebih sering begadang jev

      Delete
  15. uoi, bener banget. kita sama bro. praktis setelah pengumuman kelulusan, waktu tidur berubah karena siangnya nggak ada aktifitas berarti. malem jadi pagi, pagi jadi malem. kalau gue sih nikmatin aja tragedi insomnia liburan ini, karena waktu gue udah masuk kuliah nanti.. gue bakal merindukan saat2 insomnia kayak gini :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha. gue takutnya keseringan insom gini. nanti bakal susah waktu mau kuliah nanti

      Delete
  16. kalau gue secara pribadi, rasanya beda banget jika sebelum tidur gak buka gadget.
    Tapi tipsnya oke banget nih

    ReplyDelete
  17. Sebenarnya tuh tiap mau tidur pegang smartphone buat pasang alarm eh jatuhnya malah nyasar ke sosial media. Salah siapa? haha. Tapi bener sih soal capek di siang hari. Kalau capek, pasti malamnya pules tidur kayak baby.

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh km kali kayak gitu haha. bener juga sih kita malah kebablasan kalau megang smartphone haha

      Delete
  18. Satu lagi dari saya, baca buku! di jamin ngantuk hehehe

    ReplyDelete
  19. untungnya aku mah gampang tidur

    ReplyDelete
  20. iya, sudah jadi kebiasaan kayanya buka smartphone sebelum tidur, akhirnya insom deh, kayanya handphone harus dijauhi dulu disaat mau tidur, biar gak kelupaan malah mainin handphone..

    ReplyDelete
  21. Wah aku kira placement nih tadi sekalinya lain bahahahaha
    Pokoknya bila temulai begadang sehari aja, ngalih tu pang dah membulikakan jam guringnya. Harus bujur-bujur uyuh dulu hanyar kawa tebulik lagi

    ReplyDelete
  22. Pada dasarnya kita semua sudah tahu, tapi mungkin masih enggan melakukannya. -_-

    Aih, semalam saya cuma tidur setengah jam, sebelumnya malah nggak tidur semalaman. -_-"

    Semoga ke depannya bisa lebih bijak lagi dalam mengatur pola hidup yang sehat.

    Jangan lupa mampir di blog saya, ya. :D

    ReplyDelete
  23. biasanya yg bikin susah tidur malem juga ada pikiran buat besok paginya :D

    ReplyDelete
  24. Tambah satu lagi baca buku, dijamin ngantuk dan tidur nyenyak :-D

    ReplyDelete

Eitsss jangan buru-buru amat. Tinggalin jejak dulu disini! Buat penyemangat yang nulis~

Absurd di Twitter

About Blog

www.adifebrian.com adalah personal blog dari Adi Febrian seorang pelajar dengan hal-hal random yang di tulis di blog nya yang dia sebut sebagai digital diary's Selengkapnya

Fanspage