Wednesday, 30 December 2015

Kalsel Punya Ini~



Musim yang tidak kalah ditunggu setelah musim durian dan rambutan pun datang.. Iya Musim Liburan. Biasanya musim liburan panjang kaya tahun baru ini, Orang-orang sudah punya bucklist kemana aja mereka liburan, Sudah nentuin mau ke destinasi wisata apa yang mau di kunjungi, sudah nentuin transportasi apa yang mereka pakai.

Gue sebagai anak asli dari Kalimantan Selatan (Kalsel) mau nunjukkin kalau bukan orang-orangnya aja yang keren (termasuk yang nulis :D), Tapi destinasi wisata di Kalimantan Selatan juga keren. Gue mau nunjukkin kalau Kalsel Punya Ini~


Kalimantan Selatan dengan Kotanya Banjarmasin. Banyak menyimpan keindahan alam yang menarik dan belum banyak diketahui wisatan lokal dan luar negeri. Dengan di setiap Kabupatennya yang memiliki makanan khas daerah sekaligus tempat wisata nya yang gak boleh di lewatkan kalau kalian berada di Kalimantan Selatan.

Wisata menarik di Kalimantan Selatan yang akan gue bahas berada di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dengan kotanya yang bernama Kandangan. Jarak dari Banjarmasin sampai dengan Kandangan adalah sekitar 133 Km.



Dengan makanan khasnya Ketupat dan Dodolnya ini. Kandangan menyimpan kekayaan alam yang sangat indah dengan tempat wisata nya yang bikin ketagihan untuk di kunjungi. Karena wisata nya juga lah..bikin gue takjub dan harus menuangkan ke tulisan ini.

Wisata yang bikin gue takjub ialah . . . . Wisata Bamboo Rafting atau yang lebih dikenal dengan Balanting.

Wisata Balanting ini tempatnya berada di daerah Loksado. Di daerah Loksado ini, kalian bakal mendapati banyak destinasi wisata lainnya. Seperti  : Air Terjun, Pemandian Air Panas, Danau Bangkau, Rumah adat suku Dayak Meratus.

Transportasi untuk mencapai Loksado, bisa di tempuh dengan kendaraan pribadi atau menyewa mobil. Dengan jarak kota Kandangan menuju ke Loksado sekitar 38 km.

Untuk wisata Balanting sangat cocok bagi suka petualang dan mempunyai jiwa adrenalin. Karena wisata Balanting, kalian akan merasakan sensasi arung jeram dengan perahu yang berbeda dari biasanya. Dan selama kegitan Balanting kalian akan di suguhkan pemandangan indahnya hutan kalimantan dengan suasana penggunungan meratus yang sejuk.
Di jamin deh pikiran bakal fresh kembali dari hiruk pikuk macetnya perkotaan dan bayangan masa lalu bersama mantan .. *ups
 
Apa sih yang Balanting dari Arung Jeram lainnya?

Yang bikin Balanting jadi beda dari wisata arung jeram yang lain. Kalian akan Arung jeram tapi bukan menggunakan perahu karet tapi Bambu sebagai perahu nyaa. Iyaa bambu... 


Nih buktinya dari bambu

Satu perahu bambu terdiri dari 16 batang bambu yang di ikat menjadi satu, dengan 1 bambu dengan panjang 4 meter. 1 buah rakit bambu ini hanya digunakan untuk sekali pemakaian untuk keamanan wisatawan tentunya.

Sebelum melakukan Balanting, persiapan yang harus dilakukan sebelum melakukan Balanting adalah membungkus ponsel dan dompet Anda ke dalam plastik. Gamau kan dompetnya basah padahal semua uang ada di dalamnya..hihihi
Gunakan kamera anti air bagi yang mau foto-foto dan yang mau tetap foto tapi gak makai kamera anti air, gunakan saja kamera teman anda. Jadi gak terlalu nyesek kalau kamera nya rusak . . . *becandaaa




gini deh waktu belanting gaes..


banyak wisatan berfoto ria...


Rute yang di lalui Balanting ini adalah Sungai Amandit yang memiliki arus yang cukup deras dan batu-batuan yang menantang untuk ditaklukan.  Kalian tidak perlu khawatir tersesat atau bingung gimana melewati arus sungai, karena ada 1 orang sebagai pemandu jalan yang membawa sampai ke finish.

tuh pemandu dengan ketrampilanya mengemudikan belanting


1 Balanting dimuati hanya 3 orang di tambah 1 orang pemandu. Karena 1 Balanting hanya bisa memuat berat sebesar 200 kg. Dan kalau berat Balanting lebih 200 kg, maka Balanting tidak bisa melaju semana mestinya.

Jarak tempuh dari kegiatan Balanting ini kira-kira sejauh 12 Km. Dapat ditempuh perjalanan lewat darat, kalian bisa menempuhnya dalam waktu setengah jam. Jika membawa kendaraan pribadi, kendaraan harus menunggu di hilir, karena tempat finish Balanting adalah di Desa Tanuhi.

Bagi tidak memiliki kendaraan pribadi untuk menjemput kalian di titik finish. tidak perlu khawatir, sebab di Desa Tanuhi terdapat banyak sekali jasa ojek sepeda motor yang bisa di manfaatkan jasanya untuk mengantarkan kembali ke tempat start.


Tapi Ketika menggunakan Balanting bisa menghabiskan waktu dua setengah jam. Tapi dijamin deh kalian gak bakal bosan, karena sepanjang perjalanan menyisir sungai Amandit, wisatawan akan menjumpai pemandangan alam yang begitu indah.
Wisatawan akan menemukan tanaman anggrek hutan, aneka buah khas Kalimantan dengan kicauan burung dan hewan-hewan yang berada di hutan yang riang gembira menyapa. . .

Wisata Balanting ini sudah terkenal untuk wisatan lokal Kalimantan Selatan. Dan kalian dari wisatan dari luar daerah atau asing jangan bingung udatang ke destinasi wisata ini. Karena salah satu maskapai penerbangan Garuda Indonesia dengan program Wonderful of Indonesia. Dengan tujuan memperkenalkan destinasi wisata indonesia ke mata dunia, Akan mempermudah wisatan untuk berwisata ria ke daerah-daerah lain tentunya dengan layanan yang memuaskan dari Garuda Indonesia.. Baik banget kan...

Gue sangat bangga karena Kalsel punya ini. Karena tempat wisata kayal gini bisa menambah pendapatan daerah tentunya dan bisa membuat wisatan asing berkunjung ke Indonesia.
Gue iri aja kalau banyak wisata-wisatan lokal yang berlibur ke luar negri, padahal di Indonesia juga punya destinasi wisata yang sangat keren kayak gini. Dan untuk mengangkat nama wisata Balanting ataupun wisata lain sangat di perlukan kesadaran dari diri kita masing-masing gaes..

Kita sebagai masyarakat Indonesia tentunya senang kalau nama Indonesia menjadi tujuan utama Wisatan Asing untuk Berkunjung. 

Tapi banyak dari kita sendiri yang ngerusak tempat wisata dengan cara tidak bertanggung jawab.
Contoh kecil aja nih... gue sering liat di tv kalau banyak tempat wisata rusak gara-gara pengunjungnya gak bertanggung jawab. Kaya sampah berserakan dimana-mana, pengunjung susah tertib, maunya dulu-duluan. Dan tidak menaati peraturan di setiap destinasi wisata tersebut.

Padahal kalau kita bisa merawat tempat wisata sendiri yang untungnya juga ke kita... sekaligus bangga karena terangkatnya Negara kita dengan destinasi wisatanya yang indah..

Untuk mewujukan itu semua di mulai dari tanggung jawab kita gaes untuk menjaga destinasi wisata. Kalau bukan kita siapa lagi?? Kalau bukan sekarang kapan lagi??



 tulisan ini diikut sertakan dalam lomba :


lomba blog wisata kalsel


(sumber foto : wikimedia.org)
(sumber foto : foto pribadi dari ichan nurjanah)

72 comments:

  1. Bambu Refting yeahhhh!! haha katanya galon refting ada juga Di, mau coba galon refting ah kapan2

    ReplyDelete
  2. Eh tapi itu perahu bambunya serem gak sih? Karena cuma muat dikit jadi keliatannya serem gitu. Hehehe. Tapi penasaran sih belum pernah naij beginian. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak hehe. memacu adrenalin sih tapi tenang aja soalnya ada pemandu kamu ke jalan yg benar *ehh

      Delete
  3. Bamboo Rafting kalo di daerah gue itu kalo gak salah sampan. Eh apaa ya pokoknya semacam itulah. Btw kalo bamboo rafting dimaenin di arus yang jeram banget mengerikan gak ya? :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. memacu adrenalin kalau main bamboo rafting tapi tenang keselamatan penumpang di utamakan ko. karena ada guide untuk setiap bamboo yang di naiki ;)

      Delete
  4. Atuhlah akhir tahun kemarin mau KE Kalimantan ndak jadi kok ya makin nyesel habis baca ini. Sedih. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha jgn nyesel dung. hbs baca artikel ini lagi bisa tau destinasi wisata di kalimantan.

      Buruan dateng yaks ;)

      Delete
  5. belanting, gue biasa sebut rakit tuh.
    dua setengah jam juga udah lebih dari cukup deh kayaknya kalau buat gue nikmatin alam kaya gitu, tapi apadaya banten-bajarmasin lumayan deket :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. dua setengah jam itu sambil mampir2 di persinggahan bamboo rafting gitu. jadi waktu mampir bisa main air atau berenang sepuasnya ;)

      Delete
  6. belum pernah , waktu ke banjarmasin hanya jalan-jalan yg dekat sana saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti yang jauh yaks! cobain destinasi wisata Balanting ini bro ;)

      Delete
  7. gimana kalo aku ajakin kesana , PP dari malang ke tempat itu. terus ajakin ke tempat menarik, sekalian beliin pake uangmu yah :v

    ReplyDelete
  8. Wuaaa.. Kalselll.. Pengen bangett dehh kesanaaa.. Prmintaanku gak muluk2 kok, gak usah ke luar negeri dulu, keliling negeri sendiri aja blm prnah:( Brrti kamu ke tmpat wisata bamboo raftingnya tiap hari dong?? Kan dekett.. Ah, enak bangeeetttt klo bsa sering2 kesana, bisa melepas stress...
    Tmpat wisatanya enak ya, adeemnya berasa sampe sini gitu. Haha. Oiya balanting sama aja kyak rakit kan? Cuma bedanya ini lebih kecil. Dan aku rasa sih ini seremnya pas lg di balanting._. Ada arus sungainya kenceng banget gak??

    Emg miris ya kdang ngilat destinasi wisata yg udh bnyak dikunjungi orang, tp bkannya bagus, malah penuh dgn sampah :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo kecini2 hahaa... betul tuh keliling di negri sendiri aja dulu baru ke negri org.

      pokoknya enak tenan deh ngelepasin beban kalau udah cobain bamboo rafting. ademm banget lu apalagi sama gebetan *eh

      sungai nya cukup deras. pokoknya cocok banget buat macu adrenalin deh ;)

      Delete
  9. Kalses juga punya Ian Kasela, ya? Hahaha ...

    Pengen nih maen ke Kalimantan Selatan, denger kabar juga sungainya emang banyak yang menggoda kayak sungai Amandit ini. Mulai nabung ah. :D

    Salam kenal, bung. :)
    http://penjajakata.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa haha.. Ian kasela orang Kalsel

      Yuk nabung terus jadiin Kalimantan Selatan di bucklist yak ;)

      Delete
  10. Itu namanya rakit, ya? Atau getek kalo di tempat gue. Ehehe.
    Keren euyyy. Semoga kapan-kapan bisa main ke sana. :)

    Btw, gudlak lombanya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. moga bisa ke sini bang...nanti sama gua temenin dah hehe

      makasih bang yoga ;)

      Delete
  11. kalimantan selatan memang gokil.. banjarmasin..
    ah, seumur hidup gu ebelum pernah menginjak tanah kalimantan. entah itu tanah kelahiran bokap gue di singkawang atau pontianak atau apapun itu. pingin rasanya sekali-kali main ke kalimantan.. unsur budaya pasti kental banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi ayuk ke Kalimantan Selatan jev... cobain destinasi wisata disini

      Delete
  12. Halo, Kalsel! Dapat salam dari Kalbar, nih :)

    Duh, jadi pengen nyobain balanting jugaaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Kalbar! dapat salam dari gue nih ;)

      ayoo kesini ;)

      Delete
  13. Keren-keren ya wisatanya. Apalagi yang naik bambu di air itu. Beh, bikin pengen aja. Sayangnya bukan anak yang suka ke tempat-tempat wisata. Lebih suka tidur. Wkwkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaelah..cobain dung destinasi wisata kayak gini..

      Delete
    2. Hahaha, iya. Kapan-kapan kalo ada yang ngajak :D

      Delete
    3. yee kalau mantan kamu yg ngajak gimana? muehehe

      Delete
  14. Kalimantan yah: Kali (sejenis sungai). Mantan (Seseorang yang ada dimasa lalu). Ngga mau main di kalimantan ah, takut ketemu mantan. :(

    ReplyDelete
  15. Keren bgt kalimantan jadi pengen kesana deh. Sungainya masih bersih bgt gak kaya dijakarta yg udah kaya tongsampah banjir. Semoga postingan lo menang yaa. Salam super pino ganteng

    ReplyDelete
  16. Gue pernah ke kandangan tapi lewat doang gak mampir,
    Dan soal dodolnya, beuhhhh nyab betul emanggg.
    Semoga menang bro

    ReplyDelete
  17. hah...kpn lah saya bs kluar jalan2 mnikmati alam milik bangsa ky ini...
    gua dsni mulu gak kluar2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo keluar nikmati alam bangsa ini dengan langit yang tanpa batas ;)

      Delete
  18. Blum pernah ke kalimantan. Mungkin klo kapan2 ksana ato dapet jodoh orang kalimantan misalnya hahahaha. (Nasib jomblo) ya... Bolehlah nanti main2 balanting hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. main balanting dulu bang ade siapa tau ntar ketemu jodoh disana muehehe

      Delete
  19. Rafting pake bambu, emang kayanya seru tuh, bikin menantang jiwa adrenalin. eh ngomong2 itu kan, gak pake pelampung tuh, terus katanya arusnya cukup deras, kalau kejebur di sungai gimana tuh, nasibnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. airnya gak dalem ko haha. palingan setingkat pinggang org dewasa hehe ;)

      tapi di tempat destinasi wisata nya ada menyewakan pelampung. jadi tenang ajaa

      Delete
  20. Kayak rakit gitu ya? Yang di bikin dari bambu.

    Terus, kalau ngelewatin batu-batu gimana caranya? Kan kalau pake perahu karet agak mudah. Jadi penasaran gue.

    Gue salut sama orang kayak lo. Yang bangga dengan wisata daerah. Bukannya malah ngebanggain tempat-tempat yang ada di luar negeri sana. Indonesia itu indah, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gue jelasin gimana caranya. nanti penasaran hilang udah. mending cobain langsung. dan nikmatin sensasi nya ;)

      Delete
  21. Bamboo Rafting ya, namanya? Owalah, kalo di tempat gue, namanya Rakit Bambu.. Sama sih, dari bambu-bambu juga. Malah, kadang ada yg buat dari batang pisang. Meskipun pisang gak punya batang. Nyebutnya gitulah..

    Sepertinya kalimantan selatan seru juga, ya. Kapan-kapan, kalo ada rezeki, bolehlah gue ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ko gue rada canggung ya pangeran waktu elu bilang 'batang pisang'? haha becanda2

      gue tunggu pangeran di sini ;)

      Delete
    2. Hahaha, emang gitu namanya. Kedebok pisang. "Pasti belum pernahkan?"

      Oke...Doain aja.

      Delete
  22. Huaaaaaa Kalimantan Selataaan!! Jadi ingat masa-masa suram ditinggal Mama seminggu ke Banjarmasin. Beliau ke Banjarmasin sama ke daerah yang namanya Palampayan, tauk deh itu daerah Kalsel mananya. Huhu~

    Sebagai orang Banjar, aku malu belum pernah ke Kandangan, dan naik bamboo rafting. Huhu. Mudahan bisa kesana.

    Semoga menang lombanya ya, Feb. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Palampayan hehe. itu wisata religi lhoo yang ada di Kalimantan Selatan ;)

      aminn cha ;)

      Delete
  23. Bamboo rafting kayaknya seru tuh, jadi kayak kita rafting tapi perahunya dari bambu ya.. rasanya kayak kembali ke jaman dulu..

    Tempat wisata yang lain seru-seru, semoga menang lombanya.

    ReplyDelete
  24. wua.. ngak takut naik belanting itu ya?
    hehehe naik perahu aja saya takut, apalagi naik yg begituan. hihihi
    mending main air di pinggiran kali aja deh, lebih aman.. hehehe #curhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya mbak ginty gak bisa berenang ya? hehe

      Delete
  25. waah kalseeel.... Miss U hehehe, dulu punya teman dari kalsel, teman dekat...dan sering cerita tentang apa yang dituliskan adi barusaan...

    semoga suatu saat bisa main kesana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan2 teman dekat nya gue lagi? haha

      aminn ;)

      Delete
  26. Balanting hhmm, kalo diluar negeri bisa lah sama kaya Gondola, atau kalo di Jawa namanya getek. :D

    Seru banget, itu berarti menyusuri sungai gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoii. pokoknya seru abis deh waktu balanting ini ;)

      Delete
  27. Semoga bisa ke Kalsel amin
    wisatanya keren, arung jeramnya bikin penasaran hehe

    ReplyDelete
  28. Dih keren abis tempat wisatanya, bisa naik getek gitu. pengin banget liburan ke kalimantan, kamu siap ya jadi tour guide. doakan biar bisa main kesana.amiin

    ReplyDelete
  29. Ekstrim banget wisata bslantingnya. Hehe tapi seru tu kayaknya. Itu kalo nabrak batu kira-kira pecah apa nggak ya. Penasaran juga pengin nyoba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga tau soalnya ada pemandu yg jgain balanting dari batu2. ayoo kesini ;)

      Delete
  30. kalau di jawa ini namanya Getek.. haha

    tapi ini deres ngga sih airnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sungai nya lumayan deres. cocok deh buat nantang adrenalin ;)

      Delete
  31. belanting disini nama'a rakit
    kurang ekstream main arung jeram'a, sugai'a kurang banyak batu :D

    ReplyDelete
  32. wah duu sempat ikut belanting pas jalan jalan ke Loksado, tarifnya lumayan tapi sebanding dengan sensasinya arung jeraman seadanya.. kapan kapan main lagi deh saya ke Kandangan, Loksado.

    ReplyDelete
  33. Wah, keren banget. Namanya Belanting ya. Namanya unik tuh. 2 setengah jam main Balanting apa gak panas tuh ?

    ReplyDelete
  34. k tempat start y jalan kaki ato bisa pke mobil

    ReplyDelete

Eitsss jangan buru-buru amat. Tinggalin jejak dulu disini! Buat penyemangat yang nulis~

Absurd di Twitter

About Blog

www.adifebrian.com adalah personal blog dari Adi Febrian seorang pelajar dengan hal-hal random yang di tulis di blog nya yang dia sebut sebagai digital diary's Selengkapnya

Fanspage