Saturday, 12 December 2015

Coblos Pertama Kali!

Gue mau cerita tentang pertama kali nya gue sebagai pemuda indonesia melakukan pencoblosan.





Tahun 2015 ini umur gue sudah menginjak 17 tahun. Kata orang sih umur 17 tahun ini adalah jembatan dari bocah ingusan jadi remaja dewasa ingusan.
Kayaknya omongan emang benar ada, karena gue juga merasakan dampaknya.

Di umur 17 ini, gue merasakan ada yang berbeda. Tepatnya sewaktu gue sudah buat Kartu Tanda Penduduk (KTP).  Ketika hari ulang tahun ke-17 gue mau buru-buru buat KTP.  Tepatnya 1 menit hari gue ultah, gue langsung minta sama orang tua biar di buatin KTP. Gue mau jam 12 malam lewat 1 menit itu juga ke Kecamatan.

Tapi setelah mikir agak panjang, niat itu gue batalain. Masa nanti yang bikin KTP gue para hantu-hantu. Yang ada KTP gue kayak hantu juga. Gak keliatan

Gue baru bikin KTP 2 hari setelah ulang tahun. Gue datang ke Kelurahan bersama mama tercinta. Sewaktu jalan mau masuk ke kantor Keluarahan, Batin gue berkecamuk . . . GUE BAKAL TUA . . . GUE BENTAR LAGI PUNYA KTP . . .GAK BOLEH LAGI DI SUAPIN MAMA. (oke kalimat terakhir itu beneran hoax! percayaa deh)

Untuk pembuatan KTP ini ternyata gak rumit. Gue datang ke mbak yang ngurus administrasi KTP. Gue cuman isi biodata, tanda tangan , dan di suruh nempelin sidik jari di alat yang di sediakan.
Untuk sidik jadri ini gue sempat bingung karena sidik jari gue gak kebaca di alatnya. Setelah nempelin jari beberapa kali tapi tetep gak mau juga.

Akhirnya mbak administrasi tadi turun tangan bantuin gue. Dia megangin tangan gue untuk arahin jari biar bisa kebaca di alat sidik jari. Hhhmm . . .

Untuk kejadian megang ini bikin gue shock lahh . . .  mama gue juga liat kejadian ini tapi beliau biasa-biasa aja. Tapi menurut gue ini kecepatan, baru aja nginjak umur 17 tahun sudah di pegang tangan sama orang lain. Maaf mbak ini terlalu cepat . . . . #HOEXX

Setelah sidik jari gue kebaca dan ngurus administrasi sebentar . . . dan taraa! Gue sudah punya KTP!! Walau cuman KTP sementara , tapi gue sudah punya KTP gaes . .PUNYA KTP

Setelah uforia dengan KTP. Gue baru tau kalau tahun 2015 ini bakal ada PILKADA (pemilihan kepala daerah). Dan untungnya lagi di Pilkada kali ini gue bakal ikutan nyoblos juga buat milih Kepala daerah dan Wakilnya.

Gue seneng bisa ikut pertama kali Pilkada ini. Yang biasanya ikut pemilihan ketua kelas atau ketua osis sekarang sudah milih Kepala daerah aja. Bisa-bisa nanti aku milih kamu aja lagi . . .

Karena ini Pilkada pertama bagi gue. Gue mau selektif mau milih calon pasangan hidup Kepala Daerah. Gue baca apa aja visi-misi dari setiap Calon Kepala Daerah dan waklinya. Semua Visi-Misi nya bagus semua . .

Sempat bingung juga mau milih yang mana. Mau milih Isyana tapi gak ada di daftar nya . jadi gue bincang-bincang sama keluarga yang mana calon yang bakal di pilih. Sampai akhirnya gue sudah fix yang mana calon yang nanti nya gue pilih di Pilkada nanti.

Dan Hari Pilkada pun datang. Untuk Pilkada pertama kali ini, gue bakal di temani sama nenek tercinta sekaligus bodyguard bagi nenek gue. Kalau ada kakek-kakek genit yang godaain langsung aja gue habisin . . . . habisin marbatak maksudnya.

Nenek gue berpesan kalau mau nyoblos baca doa dulu . Gue sebagai cucu yang baik dan memegang penuh amanat pun melaksanakannya. Mulut gue sudah komat-kamit baca sepanjang jalan ke TPS.
Setelah gue datang ke TPS . ternyata tempat masih sepi, gak perlu antri. Dan setelah melakukan pencoblosan selanjutnya celupin jari ke tinta ungu. 
Wih kayaknya ini deh yang bikin abdol pemilihan hehe. . .

Untuk Pilkada pertama gue ini. Siapapun Kepala daerah dan wakil yang terpilih gue berharap bakal menepati janji-janji mereka sewaktu kampanye dan Mewujudkan Visi-Misi mereka, khususnya Daerah gu tinggal Kalimantan Selatan dan Kota Banjarmasin.



Nah itu pengalaman gue untuk Pilkada kali ini. Kalau Pilkada di daerah kalian gimana gaes?? 

41 comments:

  1. Gue ngak nyoblos...
    Sebagai anak rantau, jadi males balik...

    wkwkwkw...

    ReplyDelete
  2. Hahaa mau bikin ktp 1 menit setelah ulangtahun. :D

    Iya lu bakal tua. Nggak boleh disuapin mama lagi kalo makan :P

    Ciyee yang jarinya ungu-ungu. Iya bener, tagih janjinya ntar kalo udah terpilih.

    ReplyDelete
  3. ciee yang baru nyoblos pertama.. visi-misinya bagus semua untung gak di toblos semuanya, cuma satu pasangan.

    ReplyDelete
  4. hmm baru nyoblos pertama nih gimana deg-degan gak

    ReplyDelete
  5. keren udah nyoblos pilkada, gua belum pernah ikut pilkada, padahal udah punya ktp. Jauh juga y, di Kalimantan Selatan, di kota Banjarmasin. Gua dari jaksel, tapi sekarang lagi kuliah di Malang. Dulu gua juga berpikir buat ktp itu ribet, tapi ternyata mudah, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikut pilkada dung tapi selesain kuliah malang dulu. anak kost kan? hehe

      Delete
  6. Cieee... yang udah punya KTP dan pertama kali nyoblos... :-)

    ReplyDelete
  7. apa cuma gua yang 18 tahun belum pernah sama sekali jarinya di ungu-unguin. que sedih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli spidol warna ungu terus coret2 tuh jari ;))

      Delete
  8. Duh... 17 tahun udah digrepe-grepe sama mbak-mbak Intansi kelurahan. :D "KAMU AKAN TUA NAK."

    Rasanya milih seseorang yang sejatinya kita gak kenal itu, gimana ya? Bingung, resah, gelisah, jomlo. Yang terakhir enggak gitu. Pokoknya kita milih emang tinggal coblos, tapi ya gitu. Kadang udah dipilih (dalam artinya gak dibayar suaranya) tetep aja endingnya Coruption. "Ya, semoga Indonesia lebih baik."

    ReplyDelete
  9. Apaa-apaan bentar lagi bakal tua tapi bikin KTP dianterin emak -_-

    Emang nikmat ngerasain coblosan pas pemilu ya, apalagi kalo coblosan kita ternyata milih pemimpin yang bener.. tapi coblosan bisa jadi nyakitin banget kalo ternyata yang kita pilih kalah dan yang menang malah calon yang track recordnya gak bener..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaelah bang... gue minta temenin emak bair ga sesat di jalan. gue ke rmh RT aja sesat 3 hari. kecuali rmh mantan gue gak pernah sesat sih haha

      Delete
  10. aku juga pernah merasain gimana rasanya nyoblos pertama kali, rasanya gimana gitu seolah-olah kita menjadi dewasa yang keren haha

    selamat ulang tahun Adi sorry ngga sempat ngucapin kemaren jangan lupa makan2nya sama anak PBB yaa wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul. berasa gak mau lagi nongkrong sama anak2 mau nya sama bapak2 di pos ronda

      Makacihh eaa haha

      Delete
  11. Ciieeeh!
    Nyoblos logo KPU-nya aja sih. :D *ngajari golput*
    Aku pernah pas nyoblos, aku celupin 5 jari sekaligus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu coblos atau service printer sih mbak? hehe

      Delete
  12. Dari dulu gue pengen banget ngerasaain rasanya nyoblos dan punya ktp. Yang tua, emang rasanya gimana sih ? :3

    ReplyDelete
  13. Wah pengalaman pertama coblos...

    Dulu juga waktu pertama coblos bingung mau pilih siapa soalnya banyak pilihan jadi saya ikut orang tua saja. Pas besoknya langsung dipamer ke teman sekolah tanganya, bukti nyoblos pertama.

    Kalau pemilihan seperti ini memang banyak calon yang meyakinkan, tapi sebaiknya dilihat dulu siapa yang benar-benar baik karena dialah yang mempimpin kita kedepannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha ko pengalaman kita sama. hbs coblos aku pamer buktinya artikel ini ;)

      Delete
  14. Pertama kali ikutan nyoblos ya pas pemilu presiden, setelah itu gak ada ikutan lagi. Karena gue udah di Ibukota provinsi, jadi kalo ada pilkada harus pulang kampung, makanya males banget.

    Cuma berharap Indonesia lebih baik setiap tahunnya.

    ReplyDelete
  15. Jadi, kamu masih disuapin mama? wkwkwk :p wkwkw

    Aku kemarin nggak nyoblos, Jogja kan emang nggak ada Pilkada :p

    ReplyDelete
  16. selamat yang udah nyoblos

    saya sih pertama nyoblos pas pemilihan kepala daerah juga baru deh pemilihan presiden

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih duluan si ara yaaa coblos gak ngajak2 lagi hhmm

      Delete
  17. hoalah baru pada nyoblos yaa~
    langsung bayangin udah berapa pilkada terlewati *alah*

    Selain baca doa, harusnya dibekali dengan searching tentang calonnya,
    jangan beli kucing dalam karung gitu,
    klo peribahasa zaman sekarang mah jangan beli kucing yang pake kamera 360 maksudnya, suka nipu maksudnya *eh

    selamat menjadi tua, semangatnya harus tetap muda ahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener tuh peribahasa bangg.

      sesama tua nih yeee.. haha

      Delete
  18. Semangat banget yak pertama kali nyoblos. Dulu aku mah biasa aja, antusiasmeku hilang klo urusan politik. *tat patut ditiru
    Eh plis, kalo kamu tua trus aku apa? hahaha

    Belajar yg rajin ya dek, next semoga kamu yg jadi pemimpin daerahmu ^^

    ReplyDelete
  19. Duh masih 17 taun. Masih ketjil :P

    Aku uda nyoblos berapa kali ya.. Lebih dari 3x deh kayaknya ._.

    ReplyDelete
  20. Aku dulu pas pertama nyoblos saking senengnya tak coblosin banyak banget kertasnya. Dan baru tau kalo kayak gitu ternyata nggak sah.

    Kemarin sih nggak milih, soalnya lagi nggak di rumah.

    ReplyDelete

Eitsss jangan buru-buru amat. Tinggalin jejak dulu disini! Buat penyemangat yang nulis~

Absurd di Twitter

About Blog

www.adifebrian.com adalah personal blog dari Adi Febrian seorang pelajar dengan hal-hal random yang di tulis di blog nya yang dia sebut sebagai digital diary's Selengkapnya

Fanspage