Wednesday, 30 December 2015



Musim yang tidak kalah ditunggu setelah musim durian dan rambutan pun datang.. Iya Musim Liburan. Biasanya musim liburan panjang kaya tahun baru ini, Orang-orang sudah punya bucklist kemana aja mereka liburan, Sudah nentuin mau ke destinasi wisata apa yang mau di kunjungi, sudah nentuin transportasi apa yang mereka pakai.

Gue sebagai anak asli dari Kalimantan Selatan (Kalsel) mau nunjukkin kalau bukan orang-orangnya aja yang keren (termasuk yang nulis :D), Tapi destinasi wisata di Kalimantan Selatan juga keren. Gue mau nunjukkin kalau Kalsel Punya Ini~


Kalimantan Selatan dengan Kotanya Banjarmasin. Banyak menyimpan keindahan alam yang menarik dan belum banyak diketahui wisatan lokal dan luar negeri. Dengan di setiap Kabupatennya yang memiliki makanan khas daerah sekaligus tempat wisata nya yang gak boleh di lewatkan kalau kalian berada di Kalimantan Selatan.

Wisata menarik di Kalimantan Selatan yang akan gue bahas berada di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dengan kotanya yang bernama Kandangan. Jarak dari Banjarmasin sampai dengan Kandangan adalah sekitar 133 Km.



Dengan makanan khasnya Ketupat dan Dodolnya ini. Kandangan menyimpan kekayaan alam yang sangat indah dengan tempat wisata nya yang bikin ketagihan untuk di kunjungi. Karena wisata nya juga lah..bikin gue takjub dan harus menuangkan ke tulisan ini.

Wisata yang bikin gue takjub ialah . . . . Wisata Bamboo Rafting atau yang lebih dikenal dengan Balanting.

Wisata Balanting ini tempatnya berada di daerah Loksado. Di daerah Loksado ini, kalian bakal mendapati banyak destinasi wisata lainnya. Seperti  : Air Terjun, Pemandian Air Panas, Danau Bangkau, Rumah adat suku Dayak Meratus.

Transportasi untuk mencapai Loksado, bisa di tempuh dengan kendaraan pribadi atau menyewa mobil. Dengan jarak kota Kandangan menuju ke Loksado sekitar 38 km.

Untuk wisata Balanting sangat cocok bagi suka petualang dan mempunyai jiwa adrenalin. Karena wisata Balanting, kalian akan merasakan sensasi arung jeram dengan perahu yang berbeda dari biasanya. Dan selama kegitan Balanting kalian akan di suguhkan pemandangan indahnya hutan kalimantan dengan suasana penggunungan meratus yang sejuk.
Di jamin deh pikiran bakal fresh kembali dari hiruk pikuk macetnya perkotaan dan bayangan masa lalu bersama mantan .. *ups
 
Apa sih yang Balanting dari Arung Jeram lainnya?

Yang bikin Balanting jadi beda dari wisata arung jeram yang lain. Kalian akan Arung jeram tapi bukan menggunakan perahu karet tapi Bambu sebagai perahu nyaa. Iyaa bambu... 


Nih buktinya dari bambu

Satu perahu bambu terdiri dari 16 batang bambu yang di ikat menjadi satu, dengan 1 bambu dengan panjang 4 meter. 1 buah rakit bambu ini hanya digunakan untuk sekali pemakaian untuk keamanan wisatawan tentunya.

Sebelum melakukan Balanting, persiapan yang harus dilakukan sebelum melakukan Balanting adalah membungkus ponsel dan dompet Anda ke dalam plastik. Gamau kan dompetnya basah padahal semua uang ada di dalamnya..hihihi
Gunakan kamera anti air bagi yang mau foto-foto dan yang mau tetap foto tapi gak makai kamera anti air, gunakan saja kamera teman anda. Jadi gak terlalu nyesek kalau kamera nya rusak . . . *becandaaa




gini deh waktu belanting gaes..


banyak wisatan berfoto ria...


Rute yang di lalui Balanting ini adalah Sungai Amandit yang memiliki arus yang cukup deras dan batu-batuan yang menantang untuk ditaklukan.  Kalian tidak perlu khawatir tersesat atau bingung gimana melewati arus sungai, karena ada 1 orang sebagai pemandu jalan yang membawa sampai ke finish.

tuh pemandu dengan ketrampilanya mengemudikan belanting


1 Balanting dimuati hanya 3 orang di tambah 1 orang pemandu. Karena 1 Balanting hanya bisa memuat berat sebesar 200 kg. Dan kalau berat Balanting lebih 200 kg, maka Balanting tidak bisa melaju semana mestinya.

Jarak tempuh dari kegiatan Balanting ini kira-kira sejauh 12 Km. Dapat ditempuh perjalanan lewat darat, kalian bisa menempuhnya dalam waktu setengah jam. Jika membawa kendaraan pribadi, kendaraan harus menunggu di hilir, karena tempat finish Balanting adalah di Desa Tanuhi.

Bagi tidak memiliki kendaraan pribadi untuk menjemput kalian di titik finish. tidak perlu khawatir, sebab di Desa Tanuhi terdapat banyak sekali jasa ojek sepeda motor yang bisa di manfaatkan jasanya untuk mengantarkan kembali ke tempat start.

Saturday, 19 December 2015

Tidak jarang siswa – siswa di sekolah banyak anak yang Kurang Pergaulan atau bahasa gaulnya KUPER.  Dan kebanyakan siswa – siswa yang kuper ini susah dalam berteman.
Contohnya aja ketika bagi kelompok di sekolah, si anak kuper malah menyendiri duduk di sudut ruangan terus mengaung-ngaung.  Seram


Dan untuk urusan percintaan tidak jauh berbeda. Si anak kuper juga punya masalah. Biasanya si kuper ini minder duluan buat deketin cewe yang dia suka. Si kuper takut duluan ditolak sama di cewe, padahal kenal aja belum tapi sudah takut di tolak_-  

Kasian banget kan jadi anak kuper. Sudah kuper, minder, jomblo lagi.

Sebelum semuanya terlambat dan si anak kuper ini keburu di asingkan ke planet mars. gue bakal bahas cara untuk populer.  

Kenapa sih harus Populer? 

Populer itu penting gaes . . . ., apalagi untuk zaman sekarang. Dari populer kita bakal banyak dikenal orang terus teman kita bakal banyak. Keuntungan punya banyak teman, kita banyak mendapatkan jaringan dimana-mana entah itu tentang lowongan pekerjaan atau event-event yang berlangsung di sekitar kita.

Tapi maksud populer disini adalah Populer positif. Jadi kita populer karena hal-hal positif dari kita bukan hal-hal negatif yang seharusnya tidak di banggakan, seperti mencari sensasi dengan menyebarkan gosip tentang kekurangan orang lain.  Itu bukan populer yang ada malah nambah dosa

***
Sebelum tau cara populer. Kita harus tau definisi populer itu apa. Dangsanak pasti sudah banyak yang tau apa itu Populer. Bagi yang tidak tau, penulis bakal beritau. Populer itu dikenal, disukai dan dikagumi orang banyak (umum).
Kalau sudah tau apa itu populer , sekarang kita bakal ke point terpenting yaitu Cara agar Populer. Check these out!
   

       1. Punya Banyak Teman

Hal pertama untuk jadi siswa yang populer, dangsanak harus punya banyak teman. Tidak perlu teman akrab ,teman sebatas kenal juga bisa dan carilah teman yang sebanyak-banyaknya. Ramah ke siswa’i lain kalau perlu ajak mereka bicara tentang topik-topik ringan. Dan ingat untuk ringan tangan ke semua orang. Jangan pelit berikan bantuan sama orang perlu bantuan. 

Untuk mencari teman juga jangan pilih-pilih tapi jangan sembarang. Maksudnya gini, Kita jangan pilih-pilih dalam berteman tapi jangan sembarangan untuk ngikutin apa yang di lakukan teman-teman. Kita bisa tau yang mana hal positif maupun negatif.

Pilih teman yang membuat kita berkembang jadi orang yang baik bukan mencari teman untuk buat kita senang.



2.     2. Ikut Ekstrakulikuler

Cara kedua untuk jadi siswa yang populer adalah Ikut kegiatan Ekstrakulikuler yang ada di sekolah. Jangan malu untuk ngikutin ekskul di sekolah karena kita ga bisa kegitan ekskul itu. Tenang aja karena kegiatan Ekskul di sekolah itu mengajarkan kita teknik-teknik dasar dalam kegiatan non-akademik . Contohnya : Basket dan futsal. Ga ada ekskul yang nge-wajibin orang-orangnya sudah bisa di kegiatan itu. Dan untuk ikut kegiatan Ekstrakulikuler di sekolah jangan tergantung sama teman .  
Maksudnya kalian ga suka sama sekali ekskul itu tapi teman kita yang suka ,karena teman kita ikut ekskul itu kita malah ikut juga. Padahal sudah tau ga ada minat di ekskul itu malah ikut-ikutan karena teman. Yang ada kalau teman kita keluar dari ekskul itu , kita juga malah berhenti di tengah jalan. Jadi ikutin ekskul yang emang kamu suka dan hebat di ekskul itu!



Nah itu tadi cara supaya populer! Jangan minder sama diri sendiri dan jangan malu untuk kenalan sama orang untuk menambah teman, jangan pelit senyum sama  yang lain. 




(original image by pixabay.com)

Saturday, 12 December 2015

Gue mau cerita tentang pertama kali nya gue sebagai pemuda indonesia melakukan pencoblosan.



Saturday, 5 December 2015



Selamat Bulan Desember gaes!

Akhirnya sudah di penghujung tahun 2015. Gue menyambut bulan Desember ini dengan nyanyisambalado suka cita.

Tuesday, 1 December 2015



Gue mau cerita tentang Hal Absurd sebuah alat penghitung mundur. Cerita ini sudah lama ingin ceritain tapi baru kesampaian sekarang. Karena alat ini semakin hari semakin nyuruh untuk diceritakan.


Alat penghitung mundur ini bukan alat menghitung untuk tahun baru yang biasanya di tayangkan di televisi atau di gedung tinggi atau alat penghitung kalau sesuatu lomba berakhir. Alat penghitung mundur ini sering kita jumpai di jalanan bahkan kita lebih sering ketemu alat ini dari pacar sendiri ;)

Alat penghitung mundur atau istilah kerennya Countdown Timer yang gue maksud adalah Alat penghitung mundur yang ada di Lampu lalu lintas (Countdown timer Traffic Light) . Kawan-kawan juga pasti sudah tidak asing lagi sama Countdown Timer ini. Kalau yang belum tau mending ngungsi ke saturnus aja deh ;)

***
Pertama kali gue liat Countdown Timer Traffic Light waktu kelas 1 SMP, eh atau kls 2 SMP? Pokoknya waktu itu sudah SMP. Gue penasaran sama alat satu ini. Kenapa alat ini menghitung mundur? Apa tujuan nya? Kenapa dia rajin bener? kapan ini lampu hijaunyaaa . .?

Ketika Countdown Timer sudah detik akhir, ternyata lampu hijau, gue langsung nyeletuk “ohh ini toh fungsinya” . menurut gue alat ini sangat membantu bagi pengguna lalu lintas. Karena membantu kapan pengendara harus mau dan kapan harus berhenti. Kurang lebih kayak deketin gebetan lah...

Kali ini gue mau berikan Hal absurd tentang alat ini. Tentunnya Hal Absurd ini sesuai isi pikiran gue. Jadi bacanya sangat terlalu serius. emangnya ini buku pelajaran *haha . Dan ini hal absurd tentang Countdown Timer Traffic Light


Check this out!
 
1       1. Menguntungkan Pengamen
Hal absurd pertama dari Countdown timer di lampu lalu lintas adalah menguntungkan bagi pengamen. Bahkan sangat..sangat menguntungkan
Gimana tidak ?? Dengan adanya countdown timer. Pertama-tama , Pengamen bisa menjaga flow suara dengan mengetahui kapan harus berhenti. Kedua , Pengamen bisa nyesuain reff lagu dengan waktu yang ada.

Yang biasanya pengamen bisa keblalasan waktu nyanyikan lagu tapi lampu lalu lintas keburu hijau. Atau penggendara menunggu reff dari lagu pengamen tapi malah ga jadi karena lampu sudah hijau.
Tapi sekarang tidak lagi, Pengamen dan pengendara pun tidak perlu galau lagi. Countdown timer ini mengguntungkan bagi pengamen dan pengendara ;)

2     2.    Melindungi pejalan kaki
Pernah ga kalian sebagai pejalan kaki bingung mau nyebrang tapi takut di tengah-tengah jalan malah lampu hijau? Bingung karena tidak tau berapa lama lagi lampu hijau buat pengguna jalan? Takut di bunyikan klakson sama pengguna jalan karena ngehalangin jalan?

Gue pernah kaya gitu sewaktu smp. Karena sekolah gue tepat di pinggir jalan raya, jadi siswa-siswi yang mau pulang kudu nyebrang buat yang naik angkutan umum di seberang jalan.
Waktu itu di sekolah ada rapat guru dan siswa’i di bolehkan pulang lebih awal. Pulang lebih awal sekolah itu kayak mati lampu tapi bentar banget.Bikin bahagia 

Alhasil siswa’i senang semua tidak terkecuali gue yang sudah merencanakan jalan-jalan sama temen-temen gue. 

Karena tempat yang kami tuju di seberang sekolah. Jadi kami harus nyebrang jalan dulu. Susah bagi kami buat nyebrang karena emang lagi jam sibuk-sibuknya lalu lintas. Gue liat teman gue langsung lari tanpa liat kanan kiri dan kalian bisa tebak hasilnya kan? Iya dia duluan sampai di seberang jalan.

Karena ngeliat teman gue yang sudah nyebrang tanpa mikir panjang, teman-teman yang lain juga ikutan ga mikir panjang dan hasilnya merekan ninggalin gue sendiri yang belum nyebrang.
Bukannya gue takut nyebrang kaya mereka tapi gue orangnya mikir panjang gaes, sebelum nyebrang gue perhitungkan berapa kecepatan lari gue dan kendaraan yang lalu lalang. Tapi karena kebanyakn mikir otak gue jadi sariawan :(

Setelah mikir2 kenapa gue ga nyebrang lewat zebra cross aja?? Apa gunanya zebra cross kalau ga buat nyebrang kan?? apa gunanya kamu kalau ga ada aku?? (apalah ini)
Dengan ide cemerlang gue. Akhirnya sudah sampai di pinggir jalan untuk nyebrang jalan. Sempat bingung juga kenapa mobil dan sepeda motor ga jalan-jalan, mereka nungguin gue lewat? Gue merasa terharu , tapi setelah gue liat-liat, mereka berhentin bukan karena nungguin lewat tapi karena emang lampu merah. Gue merasa di php

Gue pun santai jalan lewat zebra cross tanpa lari-lari kebirit kaya teman gue tadi. Makanya gaes kalau mau nyebrang pikir panjang dulu (kata hati gue buat teman-teman gue) . Setelah setengah jalan di zebra cross, lampu lalu lintas tiba-tiba hijau dan semua pengguna jalan langsung nge-gas motor mereka. Gue langsung panik karena tepat di tengah jalan dan kendaraan di hadapan gue sudah klakson-klakson nyuruh gue minggir.

Karena takut rusuh antara gue dan pengguna jalan, akhirnya gue harus minggir lagi dan nunggu lampu merah berikutnya.

Itulah pengalam gue tentang pengalam nyebrang tanpa tau kapan lampu hijau bakal nyala. Tapi sekarang kayaknya ga kayak gitu lagi deh. Zaman sudah berubah gaes. Dengan bantuan Countdown timer di lampu lintas, pengguna jalan bakal ga ngalamin pengalaman kaya gue tadi.
Jadi pengguna jalan bakal tau kapan harus nyebrang dengan bantuan countdown timer ;))


Itulah gaes Hal absurd tentang Countdown Timer Traffic Light . Banyak keuntungan yang kita dapat dari Countdown timer ini. Gue beritau cuman 2 hal disini tapi kalau ada hal-hal lain tentang Countdown timer lagi , bakal gue tulis kaya gini lagi ;) 

Absurd di Twitter

About Blog

www.adifebrian.com adalah personal blog dari Adi Febrian seorang pelajar dengan hal-hal random yang di tulis di blog nya yang dia sebut sebagai digital diary's Selengkapnya

Fanspage