Sunday, 4 October 2015

Antara Hobi dan Passion










Semenjak di sekolah dasar gue sudah suka menulis . entah itu tulisan ngaco , tulisan cerpen dan tulisan surat sakit buat diri sendiri.

Dulu gue nulis masih di buku bukan kaya sekarang di Laptop . sewaktu masih menggunakan buku buat menulis  , gue sering bawa note kecil di kantong (sampai sekarang masih ) Gue sering catat hal – hal yang gue harus bahas sama keluarga entah itu di rumah atau telpon – telpon sama ngaco sama sepupu . Kalau sudah di bahas bakal gue tulis buku.

Gue tulis apa saja yang membingungkan di kepala . gue menulis sampai lupa waktu , lupa makan . alasan gue bisa lupa segala karena terkadang keinginan untuk menulis begitu meluap – luap , sehingga lembar demi lembar cerita keluar dari otak gue.

***
Ketika gue sudah menggunakan Laptop dan menulis menggunakan Laptop . gue tetap sering menggunakan note kecil sebagai media pertama untuk memuat ide gue yang suka muncul tiba – tiba.
Dan waktu itu cuman gue yang bisa baca tulisan gue karena belum berani buat nge-share tulisan gue ke semua orang. Belum siapa aja apa komentar orang – orang tentang tulisan gue ini.

Sampai gue ketemu bang Raditya Dika di sebuah coaching clinic tentang Digital Writing .
Gue langsung kagum dengan apa dia ajarkan tentang tulis menulis dan cara menjadi penulis.  Dan dari coaching clinic dari Raditya Dika . gue langsung bercita – cita menjadi seorang penulis kayak dia
Tapi gimana caranya agar tulisan gue bisa di baca semua orang ?? harus bikin buku ?? emang ada penerbit yang mau nerbitin buku gue ??

Gue memilih cara yang sama dilakukan Raditya Dika sebelum menerbitkan buku iya bikin BLOG dan menjadi seorang Blogger.

Menjadi Blogger juga mengubah cara pandang gue tentang keadaan sekitar , gue lebih peka terhadap lingkungan dengan menuliskan apa saja yang gue bingungkan dan apa yang sedang rame di bahas oleh hal layak umum.

Sebagai Blogger pemula dengan ilmu tentang blog yang sangat sedikit , gue banyak belajar otodidak tentang blog tapi belajar otodidak pun buat gue jadi pusing sendiri . gue butuh orang yang bisa ngajarin gue tentang . dan untung nya di magang yang kedua , gue ketemu sama Blogger Banjarmasin yang terkenal yaitu Adittya Regas . gue langsung kenalan dengan dia dan tidak butuh waktu lama untuk akrab sama dia . Adittya Regas ini orangnya humble banget dan ga pelit tentang ilmu blog.


Dari Adittya Regas juga , gue gabung dengan Komunitas Blogger Banjarmasin bernama Pena Blogger Banua.

Sebuah Komunitas sangat membantu gue untuk lebih berkembang dalam hal menulis dan blog . Gue mencari komunitas untuk blogger personal di blog – blog orang yang gue kunjungin atau istilah BlogWalking . Dang!! Akhirnya gue ketemu juga sebuah Komunitas untuk para Blogger Personal dan nama group itu BLOGGER ENERGY.
  
Menurut gue Blogger Energy itu sebuah komunitas yang di dalamnya terdapat blogger personal yang kece – kece dan dari artikel Blogger Energy, gue banyak belajar tentang selaga tentang Blogger.
Nah itu Alasan gue kenapa membuat sebuah blog dan menjadi seorang Blogger. 

Photobucket
“Menulis adalah suatu cara untuk bicara , suatu cara untuk menyapa – suatu cara untuk menyentuh seseorang yang entah dimana. Cara itulah yang bermacam – macam dan di sanalah harga kreativitas ditimbang – timbang”.

– Seno Gumira Ajidarma


(sumber foto : itepexam.com)

28 comments:

  1. Wah, kutipanya Seno keren banget. Ngelihat tulisan kayak gini, gua semakin bermotivasi. Semangat selalu ya, di..

    Main balik ya ke blog ku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue masukin kutipan bang seno ini biar gue makin termotivasi juga hhe.

      oke peter :)

      Delete
  2. iya ey inspiratif Raditya Dika tuh
    aq tahu sejak baca Kambing Jantan dan keren aja dari seorang blogger jadi penulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul ka agung hhe. belajar juga dari master agung untuk bloggernya hhe

      Delete
  3. Wuaaaa... Febri mau gabung BE??! Asikasiikk! :D Tinggal nunggu bbrpa hri lg nih buat diapprove!

    Btw, pengalamanmu menarik banget, daridulu udh bawa2 note kecil buat mncatat kjdian penting! Hebat! Udh ada bakat2 nulis nihh. Kalo gue mah awal demen nulis pas kls 6 SD, nulis diary terutama, karna dgn nulis diary bisa ngeluarin smua uneg2 dan beban yg mengganjal di hati gitudeh,, Hehee. Ya, meskipun gue nulisnya jg gak rajin.. Gue malah gak pernah kepikiran buat jd blogger loh tdnya, Wkwk,

    Setelah jd blogger, bener jg sprti apa yg lo rasain, jd lebih peka trhdap lingungan skitar dan selalu menumpahkannya dalam sbuah tulisan. Dan satu hal lagi yg gue rasain ketika udh mnjadi blogger, gue jd lebih menghargai seorang penulis. Gue tau kalo nulis itu trnyata gak gampang :') Gue jd berusaha kalo ada novel yg gue suka, gue hrs beli, gak selalu nyari gratisan. Haha

    Dengan gabung BE juga gue dpt pngalaman baru, lebih percaya diri dgn tulisan gue :) tdnya gue bener2 gak pede dgn tulisan gue, smpe akhirnya gue capek juga sih kalo cuma gue doang yg baca blog sendiri, Wkwk. Ya gitulah, gabung BE bkin nambah smngat nulis jg, dan nambah temen :D

    ReplyDelete
  4. Dari dulu udah mau gabung BE hhe apalagi kalau gyerz kaya lulu ini bikin semangat nge-blog (owww)

    aku dulu malu nulis diary menurutku diary buat anak cewe aja. terus2 kepikiran bikin blog gimana?
    gue sering kagum aja sma penulis, apalagi penulis fiksi seperti dee lestari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakak, doohh.. jadi maloee XD... Ntar gue bawa2 obor sama confetti deh biar pada smangat ngeblognya.. Yg ada malah bkin rusuh+kebakaran itu mah yak? wkwk.

      Masa sih diary buat cewe doang? Iya kali yaa? Haha.
      Kpikiran buat ngeblog krna diem2 liat blog temen. Trs kpgn bikin jg, udh gtuaja. Wkwk.
      Iyah, gue kagum dengan penulis dan juga karya2 novelnya. Penulis fiksi Indonesia yg gue tau kryanya bagus2 dan ngetop abs itu Dee Lestari, Winna Effendy, sama Ilana Tan. Tp msh bnyak kok, penulis2 fiksi Indonesia yg karyanya buaguusss buaaguuss bingiit! :D

      Delete
    2. jangan2 bisa-bisa laptop gue yang kena haha.

      kita bikin cerita fiksi aja nnti luu ;)

      Delete
  5. bisa gasan melupakan masa lalu lah nulisnya di?

    Wah lagi umpat lomba nih pinannya, asik nah semoga menang lah. Motivasi awal yang bagus meolah buku, apa lagi di Banjarmasin penulis sedikit bisa dihitung karya yang bisa dibaca berupa fisik. Lanjutkan dii, km harpan kami berataan *tepuk pundak*

    Halah ada namu auk, bisa banar km ni, iphone 6S makai lah? :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa tapi lebih bagusnya masa lalu di jadikan ide cerita bang.

      Belum nah . mana iphonenya nih hmm

      Delete
  6. sama kok. dan mngkin kebanyakan blogger juga dapet inspirasinya dari raditya dika. yah, smoga kita'' ini bisa ngikutin jejaknya lah yak.

    mau gabung? asik. eh, tapi gue kirain elu itu udh gbung d BE, trnyata blom yak. hahaha. welcome deh... gue jg bnyak belajar dari BE sih. bahkan sampe sekarang juga dpet ilmu bnyak dari komunitas itu. bukan komunitas gue nganggepnya, tpi kyak keluarga sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah sering sih lalu lalang di BE hhe terus baru tau kalau syarat jadi gyerz harus isi formulirnya hhe.

      aminn buat doannya

      Delete
  7. kayaknya bang radit emang beneran inspirasi banget buat jadi penulis di blog, saya pun awalnya kenal blog pas liat film pertama bang radit, disitu diceritain bang radit hobi banget ngeblog sampe akhirnya penasaran dannyobain deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya deh soalnya dia yang memulai bikin diary untuk dimuat ke blog . inspiratif banget deh raditya dika ;)

      Delete
  8. Karena menulis adalah berjuang.

    ReplyDelete
  9. Saya juga suka menulis mas,,, kalo gitu kita tosss dulu ya,,, siiiipppp,,, hehehe, saya juga punya impian jadi penulis lo,,, hehehe, kalo gitu kita tosss lagi ya,,, hehehehe, kalo Raditya Dika pernah nonton filmnya, kalo novelnya kurang tau ya, saya rada kurang gaul,,, hehehehehehehehehehe :) Kalo dari pengalamannya sejak sekolah dasar, saya membaca mas febri emang udah punya karakter seorang penulis ya, bagus mas, semangat terus kejar cita-cita dan jadi diri sendiri dalam berkarya,,, Mantabs... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya semangat terus mas kita hhe *toss untuk kesekian kalinya

      Delete
  10. Kalo saya malah gak suka nulis pas masih kecil
    suka nulis diblog juga baru sekarang-sekarang malah

    ReplyDelete
  11. Lebih asik lagi kalo hobi menulis kita bisa menghasilkan
    soalnya pekerjaan yang paling enak itu hobi yang dibayar :D

    ReplyDelete
  12. Setelah kamu vakum ngeblog, baru bisa ngerasain apa ini passion atau enggak. Itu sih menurut ku. *baru ngalamin* :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi ad hampa gitu ya?

      btw km jarang nulis skrang ya beby?

      Delete
  13. Betul banget bang, kalo kita bercita-cita jadi penulis, dimulai dari hal sederhana yaitu nulis paruh waktu di blog :3...dan berangsur-angsur akan menjadi seorang penulis yang kita idam2kan.

    Quote terakhirnya ngena banget dihati

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudahan kecapai cita-cita kita untuk jadi penulis~

      Delete
  14. kebanyakan kayaknya pengen kayak raditya dika ya

    salam kenal dari saya ya. selamat gabung
    btw, quotenya keren tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal raditya dika contoh penulis yang sukses dengan mengankat cerita dari kehidupannya seperti yang kita lakukan di blog ;)

      Delete

Eitsss jangan buru-buru amat. Tinggalin jejak dulu disini! Buat penyemangat yang nulis~

Absurd di Twitter

About Blog

www.adifebrian.com adalah personal blog dari Adi Febrian seorang pelajar dengan hal-hal random yang di tulis di blog nya yang dia sebut sebagai digital diary's Selengkapnya

Fanspage