Tuesday, 26 May 2015

Mentor Pertama kali



Terkadang kita mempunyai kesibukan yang bikin jenuh . kesibukkan yang harus di selesaikan sesuai jadwal. Dan seolah-olah alam berkonspirasi membuat hal tersebut menjadi makin berat. Itu membuat gue sendiri makin meremehkan diri sendiri untuk ngerjakan hal tersebut.
Kalender sudah menunjukkan bulan Mei. Di bulan ini banyak rencana yang dilakukan di tambah ulangan di akhir bulan.
Di awal mei sudah di sibukkan dengan tugas sekolah yang bikin 16 jam dalam satu hari untuk sekolah dan seperangkat tugasnya. Tiap hari di ingatkan sama guru kalau akhir bulan sudah UKK (Ulangan Kenaikan Kelas).

Sudah hampir 11 tahun gue kenal sama UKK ini. Selama itu banyak hal yang gue dapat di UKK . Dari nilai yang tinggi ,tidak ada namanya remedial, dan nyontek pun menjadi hal paling terlarang waktu gue SD. Naik ketingkat selanjutnya , Gue udah tau gimana remedial gara-gara nilai rendah , dan nyontek sudah mainstream. Dan tingkat terakhir untuk pelajar dan sedang gue alami. UKK itu seperti sudah berlatih di di puncak gunung terus latihan terakhirnya melawan godzilla sedangkan kita hobbit (manusia kerdil).
Oke itu sekian untuk UKK. 



Ada hal spesial juga di Bulan Mei ini. Yang bikin gue semangat pada bulan Mei ini . Antusias kerjakan setiap bagiannya. Bikin gue harus percaya diri.
Apa itu ??

senyummu mengalihkan duniaku


Yap . . Gue di percaya buat nyampaikan Materi untuk Kopdar yang di selanggarakan Pena Blogger Banua. Gue semangat sekaligus gugup karena gue juga pemula di dunia blogger.

Gue cicil materi buat kopdar tiap hari. Sambil siapkan mental kalau gue di lempar batu sama peserta kopdar gara-gara salah materi.
H-2 Kopdar .materi yang di sampaikan akhirnya kelar. Tugas terakhir gue adalah ngedit materi biar bisa di tampilkan secara simple dan mudah di mengerti oleh peserta kopdar.

Ngedit materi butuh 2 hari plus begadang. Alasan gue begadang karena mepetnya hari yang tersisa. Jadi gue begadang sampai mata sudah teler .  Karena sdh beberapa kali begadang , gue jadi bisa nahan ngantuk secara ekonomis jadi siangnya tidak bikin ngantuk.


 Malam sebelum Kopdar ,gue mutusin untuk tidak begadang dan tidur lebih awal biar besoknya peserta kopdar tidak kabur karena yang menyampaikan Zombie yang haus akan kasih sayang darah.


Sebelum acara Kopdar dimulai. Gue dengan Ka adit (ketua Pena Blogger Banua) santai dulu sambil menunggu anggota Pena Blogger Banua lainnya.  Secangkir tiramissu coffe menemani gue yang gugup untuk menyampaikan materi. Gue percaya kalau minum coffe bikin kita lebih fokus pada hal positif ketimbang hal negatifnya.
Setelah anggota Pena Blogger Banua sudah lumayan lengkap. Kami naik ke atas untuk memulai acara kopdar. (dan gue udah siap buat di lempar batu peserta kopdar).

Gue mendapat giliran untuk menyampaikan materi pertama kali. Sejujurnya gue tidak nyangka juga kalau yang pertama kali yang menyampaikan adalah gue _-

Tapi gue udah siap lahir batin jadi santai aja waktu pertama kali jadi mentor kopdar . . .

tidak sanggup liat ke kamera



Menyampaikan materi dengan semampu gue.  Sebenarnya gue mau menyampaikan materi secara perlahan dengan banyak joke yang di selipkankan di setiap slide. Tapi karena mepetnya waktu yang tersedia . Gue menyampaikan dengan tempo cepat yang sempat di bilang ka adit “oke sekarang waktunya nafas di”.

Di sesi kedua penyampaian materi ada ka henry dengan kecenya membawakan materi kopdar denga pendalaman materi tentang pengembangan ide menulis. Dan jujur waktu kak henry menyampaikan sangat bikin gue kagum.

Oke setelah penampilan gue tadi yang rada ngeh-ngeh an. Dan gue sempat pikir "Tadi gue ngapain ya?" . karena gue sadar banyak kekurangan masih banyak banget. dan gue ambil itu sebagai pelajaran.
Sama seperti Menulis , satu-satu nya cara untuk membuat tulisan itu lebih baik ialah dengan menulis terus!



Setelah penyampaian materi gue dan kak henry selesai. Sekarang waktunya GAME! . gue termasuk antusias dalam GAME. Bukan karena gue ikutan tapi karena gue jadi juri untuk menilai tulisan kece-kece dari peserta Kopdar.

gue bingung mereka ketawa kenapa


Dan terpilih lah dua juara. ( seharusnya kan ada tiga juara ya , tapi karena hadiahnya cuman 2 jadi ada juara aja HAHA) . Tapi sebenarnya gue mau bangett ikut GAME ini. Karena hadiahnya yang super mantap dari Ka adittya Regas.


Dan sesi terakhir . kami foto bareng dengan peserta Kopdar!








Dari pengalaman di atas gue banyak dapat pengalaman sekaligus pelajaran berharga. Terima kasih sekali untuk Pena Blogger Banua yang mempercayakan gue, dan maaf atas kekurangan selama pemberian materi J

Gue pulang dengan senyum tipis karena tugas gue jadi mentor selesai dan ada hal yang terselesaikan
 Di jalan gue liat pengingat kalau lusa sudah ulangan dengan pelajaran pertama MATEMATIKA.

AKHHHH UKK KAMPRETTT!!

15 comments:

  1. Ciyeee, lagi tausiyah. Eh, mentorin maksudnya.

    Btw, kamu orang Banjar ya? Atau domisilinya di Banjarmasin?

    ReplyDelete
  2. Uhuk.. Jadi salah fokus euy :P

    ReplyDelete
  3. keren. masih muda udah jadi pembicara ya.. :D

    keep blogging dek, tapi jangan lupa belajar jujur di sekolah ya. nyontek nggak baik loh. semisal tulisanmu di blog diambil orang tanpa credit seolah itu hasil pikirnya sendiri, pasti nggak enak kan.. ;)

    ReplyDelete
  4. Wuahahhaha, udah bagus kok kemaren km tampilnya :D
    Yaelahh tampil wkwkkwkwk

    Itu ka adit lwn ka henry menertawakan km adi ae wkkwkwkwk

    ReplyDelete
  5. keren banget... lanjutkan terus gan... bangga liat anak muda kreatif kayak kalian... daripada yang hanya sibuk galau karena pacar ato ganteng2 sering gila itu...


    Pecinta Game Online Gabung Disini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe makasih ya! . iya nih di amerika udah mikirin cara ke bulan yg di indo masih bingung cara move on dri mantan ;)

      Delete
  6. Wah, kopdar sama pak guru Adit ya. Keren tuh. Pengalaman yang menyenangkan ya. Trus cara mengembangkan ide menulis apa aja sih ?

    ReplyDelete

Eitsss jangan buru-buru amat. Tinggalin jejak dulu disini! Buat penyemangat yang nulis~

Absurd di Twitter

About Blog

www.adifebrian.com adalah personal blog dari Adi Febrian seorang pelajar dengan hal-hal random yang di tulis di blog nya yang dia sebut sebagai digital diary's Selengkapnya

Fanspage